Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Dumai > Berita
KPKNL Dumai Sukses Nilai Eks Kapal Tongkang Besi
N/a
Senin, 27 April 2015   |   991 kali

Dumai - Sengatan terik matahari Kota Dumai tidak menyurutkan langkah Tim Penilai Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Dumai melaksanakan identifikasi objek penilaian (21/4/2015). Objek Penilaian yang diidentifikasi adalah Barang Milik Negara (BMN) berasal dari Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) PT Chevron Pacific Indonesia Dumai (PT CPI). BMN berupa Eks Kapal Tongkang Besi merk Barge IW&SW Caltex 167 Cargo Steel perolehan tahun 1967 dan Ferry Steel perolehan tahun 1970. Dengan penuh semangat, Tim penilai yang diketuai oleh Yockie Sinaga dengan anggota Affid Diena dan Hanry Abi melaksanakan tugas seharian penuh di Pelabuhan PT Chevron Pacific Indonesia Dumai (New Barge Facilities) berpeluh dibawah terik matahari.

Dari Pusat Pengelolaan Barang Milik Negara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (PPBMN Kementerian ESDM) turut mendampingi Putu Kalki Mahanandiksa beserta rombongan. Sedangkan dari PT Chevron Pacific Indonesia Dumai (PT. CPI Dumai) turut serta Bashari Roszardi selaku Team Leader Maintenance HCT-CTOM beserta anggota timnya yang siap mendukung penuh proses penilaian. Sebelum melaksanakan penilaian, sesuai dengan prosedur yang dimiliki PT. CPI Dumai dilaksanakan rapat persiapan kegiatan. Melalui presentasi video yang rancak, Bashari menjelaskan standar proses evakuasi pada area Pelabuhan. Hal ini diperlukan agar pihak eksternal yaitu tim penilai KPKNL Dumai dan tim dari PPBMN Kementerian ESDM siap sedia jika terjadi suatu keadaan diluar kendali (force majeur). PT. CPI Dumai juga meminjamkan alat safety lengkap berupa helm, kacamata dan sepatu khusus kepada semua pihak yang terlibat pada kegiatan ini.

Dalam rapat persiapan tersebut, Yockie Sinaga menyampaikan pesan dari Guntur Sumitro, Kepala KPKNL Dumai yang baru bahwa DJKN/KPKNL Dumai selalu konsisten dalam menjalankan SOP pelaksanaan tugas penilaian dan siap membantu kapanpun jika diperlukan oleh pihak PPBMN Kementerian ESDM maupun PT. CPI Dumai. Namun demikian, PPBMN Kementerian ESDM maupun PT. CPI Dumai diharapkan juga mempunyai komitmen yang sama khususnya terhadap penerbitan Penetapan Status Penggunaan Tanah KPKNL Dumai,  sesuai dengan jadual yang telah ditetapkan, awal bulan Mei seharusnya sudah dilakukan persiapan kegiatan Lelang Konstruksi Pembangunan Rumah Dinas dan Fasilitas Lingkungan KPKNL Dumai.
Selesai acara rapat persiapan, dengan bekal yang lengkap tim melangkah mantap untuk melaksanakan pengukuran luas, penaksiran bobot dan identifikasi kondisi objek penilaian.

Berkat sinergi yang baik dengan seluruh tim yang terlibat, tim penilai KPKNL Dumai mendapatkan informasi yang cukup mengenai objek penilaian tersebut. Sore harinya, kegiatan penilaian berakhir dengan penandatanganan Berita Acara Survey Lapangan (BASL). Yockie Sinaga mewakili tim penilai pamit dan akan melanjutkan kegiatan survey data pembanding pada esok harinya beserta dengan Tim PT. CPI Dumai.

Bashari mewakili pihak PT Chevron Pacific Indonesia Dumai berterima kasih atas sinergi yang berjalan dengan baik dan BMN Rusak Berat tersebut dapat segera dihapuskan karena cukup  mengganggu operasional pelabuhan PT Chevron Pacific Indonesia Dumai. Kegiatan penilaian ini adalah berdasarkan Permintaan Kepala Pusat Pengelolaan Barang Milik Negara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral melalui suratnya Nomor 1500/93/SJA.3/2015 tanggal 25 Februari 2015. Dalam suratnya tersebut dijelaskan, bahwa pada PT Chevron Pacific Indonesia Dumai terdapat BMN Rusak Berat yang diusulkan untuk dihapuskan perlu dilakukan penilaian oleh Tim Penilaian dari Pengguna Barang. (Penulis/foto: Hanry Abi/Editor: Yockie Sinaga/ M. Affid Diena).

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini