Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Dumai > Berita
KPKNL Dumai Turut Serta dalam Pemusnahan Barang Tegahan KPPBC TMP B Dumai
Desy Agustin
Senin, 17 September 2018   |   406 kali

Dumai – Kamis 13 September 2018, bertempat di Lapangan Satuan Rudal 004 Dumai, dilaksanakan kegiatan Pemusnahan Barang Tegahan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) TMP B Dumai disaksikan oleh perwakilan Pengelola Barang dari Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Dumai, Indra Sabar, Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara serta Desy Agustin, Pelaksana Seksi Hukum dan Informasi.

KPKNL Dumai a.n. Menteri Keuangan telah menetapkan barang tegahan tersebut sebagai Barang Milik negara (BMN) dan telah disetujui untuk dilakukan pemusnahan.

“Barang yang dimusnahkan adalah barang tegahan dari rentang tahun 2016 hingga 2017  yang telah ditetapkan sebagai barang yang menjadi milik negara,” jelas Kepala KPPBC Dumai Adhang Nugroho. Barang yang dimusnahkan merupakan hasil penegahan dan pengamanan terhadap masuknya barang-barang illegal di wilayah kerja KPPBC TMP B Dumai. Pemasukan dan peredaran barang tersebut melanggar ketentuan larangan pembatasan, melanggar ketentuan kepabeanan juga pelanggaran di bidang cukai.

Adhang juga menyampaikan pemusnahan dilakukan untuk memberikan efek jera bagi pelaku pelanggaran dan merupakan upaya penegakan hukum untuk melindungi negara dan kalangan industri dari masuk dan beredarnya barang-barang illegal.

Barang yang dimuskan berupa Rokok, Minuman Keras, Handphone beserta Accesories, Sepatu, aneka Garmen, Balpress, Gorden, Gula Pasir, Tas, Dompet, Peralatan Kosmetik, dan lain sebagainya. Pemusnahan barang tegahan berupa minuman keras dan handphone dilakukan dengan cara digiling menggunakan alat berat, sedangkan barang lainnya di musnahkan dengan cara dibakar kemudian di timbun.

Kegiatan pemusnahan dihadiri oleh perwakilan Polres Dumai, Lanal Dumai, Pengadilan Negeri Dumai, Rudal 004 Dumai, Kejaksaan Dumai Kodim Dumai dan KPKNL Dumi ini merupakan wujud sinergi dan kerja sama bea cukai dengan instansi-instansi terkait dalam menciptakan dan menjaga keamanan dan kenyamanan dalam kehidupan masyarakat.

Usai kegiatan pemusnahan dilakukan, kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara Pemusnahan secara simbolis oleh perwakilan KPPBC TMP B Dumai, perwakilan Tentara Nasional Indonesia (TNI), dan Perwakilan KPKNL Dumai dan disaksikan oleh instansi-instansi terkait.

(Desy Agustin/HI KPKNL Dumai)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini