Dumai
– (6/9/18). KPKNL Dumai mengadakan rapat terkait langkah-langkah percepatan
yang strategis untuk Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM. Hal ini
terkait dengan Workshop Evaluasi Pembangunan Zona Integritas WBK/WBBM di
Lingkungan Kementerian Keuangan yang sebelumnya diadakan di Yogyakarta pada 30
Agustus 2018. Yang hadir pada acara tersebut adalah Aris Suhada Mian Kepala
Subbagian Umum dan Novaridz Dian Mulyanto Pelaksana seksi Kepatuhan Internal
KPKNL Dumai.
Aris
menjelaskan bahwa didalam Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM terdapat
2 komponen evaluasi, yakni komponen pengungkit yang terdiri dari area Manajemen
Perubahan, Penataan Tata Laksana, Penataan Sistem Manajemen Sumber Daya
Manusia, Penguatan Akuntabilitas, Penguatan Pengawasan dan Peningkatan Kualitas
Pelayanan Publik. Komponen kedua adalah komponen hasil yang terdiri dari area presepsi
masyarakat dan tindak lanjut Aparat Pengawasan Intern Pemerintah - APIP (Inspektorat
Jenderal).
Hasil
dari Workshop Evaluasi Pembangunan Zona Integritas WBK/WBBM di Lingkungan
Kementerian Keuangan di Yogyakarta salah satunya adalah membuat Action Plan Pembangunan Zona Integritas
yang berisikan 3 area fokus ungkap Aris.
Area
fokus terdiri dari Komitmen Pimpinan dan Keterlibatan Seluruh Pegawai,
Pelayanan Prima dan Budaya Integritas/Anti- Korupsi dan Strategi Komunikasi
kepada Stakeholder. Di dalam masing-masing area fokus terdapat kegiatan-kegiatan,
output kegiatan, jadwal pelaksanaan kegiatan, mitigasi resiko kegiatan dan
Penanggung Jawab Kegiatan jelas Aris lebih lanjut.
Selama
rapat pembahasan peserta rapat berdiskusi dan menentukan kegiatan yang dipilih
dan yang akan direalisasikan. Target jangka waktu penyelesaian action plan
hasil pembahasan adalah satu bulan yaitu pada bulan september.
Sebagai
pentup Dirmanti Jaya, Kepala KPKNL Dumai berpesan agar action plan yang telah
dirancang dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu. Selain itu ia juga
berpesaan agar seluruh pelaksana pelayanan di KPKNL Dumai selalu memberikan
pelayanan prima bagi seluruh pengguna layanan.
~Anike Dessa Ispridevi/HI KPKNL
Dumai