Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Dumai > Berita
Excellent Frontliners
Anike Dessa Ispridevi
Jum'at, 07 September 2018   |   690 kali

Dumai - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Dumai mengadakan Knowledge Sharing bertemakan Excellent Frontliners (6/9/18). Knowledge Sharing ini dipaparkan oleh Winda Arnisa yang sebelumnya mendapatkan pelatihan Excellent Frontliners di Jakarta.

Dalam Knowledge Sharing terkait Excellent Frontliners ini, Winda menyampaikan bahwa sebagai kantor pelayanan kita harus melayani stakeholder dengan baik dan memberikan kepuasan kepada stakeholder.

Menurut paparan Winda, sebagai petugas pelayanan kita akan memiliki Interpersonal Relationship atau Hubungan antar manusia atau hubungan dengan orang lain dengan cara-cara yang baik dan kita harus memberikan Excellent Services/Pelayanan Prima.

Konsep Dasar Pelayanan Prima terdiri dari 5 hal. Yang pertama adalah Sikap (Atitude). Sikap (Atitude) yang harus dimiliki oleh seorang frontliners adalah rasa memiliki, rasa bangga, memiliki loyalitas tinggi dan menjaga martabat dan nama baik pribadi juga kantor.

Kedua adalah Penampilan Serasi. Penampilan serasi akan menunjang pelayanan prima, oleh karenanya seorang frontliners harus bisa berhias diri, mengenakan busana dan aksesoris yang baik dan pantas dan memiliki kepribadian juga ekspresi wajah yang menarik dan baik.

Konsep Dasar Pelayanan Prima ketiga yakni Berfikir Positif, frontliners harus dapat melayani stakeholder dengan rasa hormat, menghindari berprasangka buruk kepada stakeholder dan tidak mencari atau memanfaatkan kelemahan pengguna layanan.

Keempat adalah sikap Menghargai. Sebagai frontliners yang baik kita harus dapat menempatkan pengguna layanan sebagai orang penting, tidak boleh membeda-bedakan pengguna layanan, harus bersikap hormat, ramah, bertutur kata yang baik dan sopan.

Terakhir adalah  Perhatian, pengguna layanan harus kita dengarkan dan pahami kebutuhannya, frontliners juga harus bisa mengamati perilaku pengguna layanan dan mencurahkan perhatian sepenuhnya terhadap pengguna layanan.

Selain 5 Konsep Dasar Pelayanan Prima, Winda juga menjelaskan secara singkat bagaimana berkomunikasi dengan baik, bagaimana mengelola keluhan dari pengguna layanan, dan bagaimana menghadapi pengguna layanan yang marah.

~Anike Dessa Ispridevi/HI KPKNL Dumai

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini