Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Dumai > Berita
Rekonsiliasi Data Pembayaran Piutang Negara Pemkab Bengkalis
Desy Agustin
Selasa, 04 September 2018   |   179 kali

        Dumai – KPKNL Dumai mengadakan rekonsiliasi pembayaran angsuran piutang negara dengan penyerah piutang Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis untuk meningkatkan validas data pembayaran bertempat di Badan Pengelolaan Keuangan Aset Pemkab Bengkalis pada hari Rabu, 29 Agustus 2018.

Menurut Iling Saidah, Kepala Seksi Hukum dan Informasi petugas rekonsiliasi dari KPKNL Dumai yang melaksanakan rekonsiliasi  pembayaran angsuran piutang negara di Pemkab Bengkalis dilaksanakan oleh Bendahara Penerimaan KPKNL Dumai, Anike Dessa Ispridevi dan staf pengelola Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Desy Agustin.

Perjalanan ke Bengkalis ditempuh menggunakan kapal ferry selama 2 jam dan perjalanan darat kurang lebih 30 menit. Sesampainya di Kantor Badan Pengelolaan Keuangan Aset Pemkab Bengkalis, petugas rekonsiliasi KPKNL Dumai diterima oleh Alfianur Novizantara, Kepala Bidang Perbendaharaan. Alfinur menyampaikan terima kasih atas kehadiran KPKNL Dumai dan mengharapkan agar pelaksanaan rekonsiliasi data piutang Negara dapat terus rutin diselenggarakan agar penyajian data piutang negara menjadi lebih akurat dan akuntabel.

            Selanjutnya pelaksanaan teknis rekonsiliasi dilaksanakan oleh Bendahara Kantor Badan Pengelolaan Keuangan Aset Pemkab Bengkalis Ivo Dianalin. Kegiatan rekonsiliasi dilaksanakan dengan melakukan pencocokan data pembayaran angsuran piutang Negara antara KPKNL Dumai dengan Pemkab Bengkalis. Jika terdapat perbedaan dilakukan verifikasi data pembayaran untuk menyepakati data yang benar. Hasil rekonsiliasi di tuangkan dalam bentuk Berita Acara Rekonsiliasi yang ditandatangani oleh perwakilan KPKNL Dumai dan perwakilan Pemkab Bengkalis.

Di akhir kegiatan, Anike menuturkan untuk mengantisipasi selisih data pembayaran angsuran piutang negara, selain dilakukan rekonsiliasi secara berkala setiap semester, juga setiap bulannya dari KPKNL Dumai akan mengirimkan data pembayaran angsuran ke email Pemkab Bengkalis agar dapat saling diketahui antar kedua belah pihak dan mengurangi risiko salah data.

(Teks & Dokumentasi : Seksi HI KPKNL Dumai)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini