Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Dumai > Berita
KPKNL Dumai Laksanakan Rapat Anggaran dan RKBMN
Desy Agustin
Selasa, 07 Agustus 2018   |   335 kali

Dumai – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Dumai (KPKNL) Dumai menyelenggarakan Rapat Pelaksanaan Anggaran Semester I 2018 dan  Rencana Pagu Anggaran tahun 2019 di Seroja Meeting Room  pada tanggal 30 Juli 2018, yang dihadiri oleh seluruh seksi/subbagian, staff pengelola anggaran dan staff pengelola barang.

Rapat diadakan sebagai tindaklanjut kegiatan penyusunan pagu anggaran tahun 2019 yang dilaksanakan oleh Setditjen Kekayaan Negara di Batam pada tanggal 23-26 Juli 2018 dan juga menindaklanjuti surat Setditjen Kekayaan Negara mengenai penyusunan Rencana Kebutuhan Barang Milik Negara (RKBMN) Tahun 2020.

Rapat dipimpin langsung oleh Dirmanti Jaya, Kepala KPKNL Dumai. Dirmanti menyampaikan agar  seluruh seksi/subbagian melakukan penyerapan anggaran semester I tahun 2018 dengan efektif dan efisien. Menurut Dirmanti penyusunan rencana anggaran 2019 pastikan semua target tercapai meskipun terdapat penurunan alokasi anggaran. Strategi yang digunakan dengan mengurangi volume kegiatan. Penyusunan RKBMN juga menjadi bagian penting dari penyusunan anggaran. Untuk itu, penyusunan RKBMN harus sesuai dengan aturan dan memperhatikan kebutuhan dan kondisi eksisting BMN.

Aris Suhada Mian, Kepala Subbag Umum KPKNL memaparkan pelaksanaan anggaran semester I Tahun 2018 dan capaian persentase Indikator Kinerja Utama (IKU) Kualitas Pelaksanaan Anggaran. Penjelasan pelaksanaan anggaran juga di-break down per seksi/subbagian

Aris selanjutnya menyampaikan pagu anggaran tahun 2019 yang sudah ditentukan oleh Setdijen Kekayaan Negara. Pagu anggaran tersebut sudah dibagi untuk kegiatan semua seksi/subbagian dan sudah di rekam pada aplikasi  Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI)  pada saat kegiatan penyusunan pagu anggaran di Batam.  Selajutnya setiap peserta diberikan kesempatan  untuk memberikan pendapat, saran dan masukkannya.

Pada Sesi rencana penyusunan RKBMN, Indra Sabar dan Muhammad Ramdanny sebagai pengelola barang di Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara (PKN) di berikan kesempatan untuk menjelaskan tentang update peraturan tentang Rencana Kebutuhan BMN 2018. Danny menjelaskan Keputusan Menteri Keuangan Nomor :  425/KMK.01/2018  tentang pedoman baru penyusunan dan penyampaian RKBMN Kementerian keuangan. Katon, staff bagian umum berikan pemaparan mengenai rencana pengadaan dan pemeliharaan KPKNL Dumai untuk tahun 2020.

Menindaklanjuti arahan Kepala Kantor bahwa penyusunan RKBMN tahun 2020 harus memperhatikan eksisting barang yang ada di tahun 2018, maka Subbag Umum akan melakukan inventarisasi untuk memastikan  kondisi BMN saat ini. Dengan inventarisasi diharapkan rencana pengadaan akan sesuai dengan kebutuhan.

Pada akhir rapat, Dirmanti berpesan  agar sisa anggaran untuk semester II tahun 2018 dapat diserap secara efektif  dan efisien serta meminta kasubbag umum terus melakukan koordinasi dengan seluruh seksi dan subbagian terkait dengan pelaksanaan dan rencana anggaran.

(Narasi : Iling Saidah, Desy Agustin ; Foto : Desy Agustin)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini