Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Cirebon > Kilas Peristiwa
DWP KPKNL Cirebon Melaksanakan Tahrib Romadhon: Puasa Sehat dan Aktif Selama Pandemi
Irfan Rachmat Devianto
Senin, 12 April 2021   |   150 kali

    Kamis (8/4) Ibu - Ibu bersama Dharma Wanita Persatuan KPKNL Cirebon melaksanakan Tarhib Ramadhan dengan tema "Puasa Sehat dan Aktif Selama Pandemi" secara virtual dan narasumber disampaikan oleh Dr. Alya Amalia Fitri yang merupakan dokter, dosen dan DWP KPP Pratama Cirebon Dua. Dr. Alya memaparkan bahwa Ramadhan kali ini merupakan bulan puasa kedua selama pandemi. Pada zaman Rasululloh banyak hal yang dilakukan pada bulan ramadhan seperti perang badar dan perangnya menang, juga pada zaman penjajahan di Indonesia yang dapat mencetuskan kemerdekaan pada bulan ramadhan. Menjaga kesehatan tubuh dan juga protokol kesehatan akan membuat puasa semakin optimal. Saat berpuasa dikondisi pandemi ini harus menjaga keseimbangan cairan dengan cara banyak minum saat sahur, berbuka, tarawih dan sebelum tidur. Tidur di masa ramadhan minimal selama 6 jam dengan tidur yang berkualitas, dan menghindari stres dengan melakukan berkebun, melakukan hobi yang disukai untuk memunculkan kegembiraan, ketenangan dan kesenangan yang bisa dihadirkan supaya melakukan puasa dapat optimal. 

    Untuk berikhtiar lebih sehat dan kuat dalam berpuasa, bisa mengonsumsi suplemen yang akan meningkatkan stamina dan semangat puasa, seperti minum madu, kurma, habbatussauda. Olahraga pada bulan ramadhan sangat dianjurkan misalnya seat up, jalan pagi yang bisa dilakukan seminggu  3 kali  Dengan berpuasa akan terbentuk 3 kebaikan yaitu jadikan ramadhan :

1. Saat pembentukan kebiasaan baik

2. Saat perawatan kebiasaan baik

3. Saat pengokohan kebiasaan baik

Semoga di bulan ramadhan ini dapat memanage waktu supaya optimal dalam melakukan puasa. Dengan niat yang tinggi untuk optimal melakukan ibadah semoga dapat memotivasi diri untuk memaksimalkan ibadah.

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini