Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Cirebon > Berita
Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Oeang Republik Indonesia (HORI) ke-76 Tahun 2022 Kemenkeu Satu se-Suciayumajakuning
Rohman Juani
Kamis, 27 Oktober 2022   |   117 kali

Pada awal  kemerdekaan, Indonesia belum memiliki mata uang sendiri. Ada empat mata uang yang berlaku saat itu antara lain: De Javasche Bank, De Japansche Regeeing, Dai Nippon Emisi, dan Dai Nippon Teikoku Seibu. Empat mata uang yang berlaku kala itu memiliki nilai tukar yang berbeda-beda sehingga mendorong timbulnya pasar gelap dan inflasi hebat.

Tanggal 30 Oktober 1946, mulai beredar Oeang Republik Indonesia (ORI) sebagai satu-satunya alat pembayaran yang sah. Hari terbitnya ORI kemudian ditetapkan sebagai Hari Oeang Republik Indonesia (HORI).

Dalam rangka memperingati Hari Oeang Republik Indonesia (HORI) ke-76 Tahun 2022, Kemenkeu Satu se-Suciayumajakuning melaksanakan kegiatan Pekan Olahraga yang diikuti oleh Pegawai  Kemenkeu se-Suciayumajakuning.

Senin (10/10), Kepala KPKNL Cirebon, Dwi Wahyudi menghadiri pembukaan perayaan HORI ke-76 dilaksanakan di Lapangan Bola Sarwajala TNI Angkatan Laut Cirebon yang dihadiri oleh beberapa  kepala Satker dan perwakilan pemain satker Kemenkeu se-Suciayumajakuning.

KPKNL Cirebon ikut serta dalam rangkaian kegiatan HORI ke-76 se-Suciayumajakuning seperti pertandingan mini soccer, donor darah, pertandingan badminton, pertandingan bola voli, fun run HORI ke-76, pertandingan tenis meja, karaoke, dan e-sport (Mobile Legend Bang Bang dan PES). Pada kesempatan ini KPKNL Cirebon diberi amanah sebagai tuan rumah dalam Pertandingan catur dan gaple.  KPKNL Cirebon menyabet juara 2 dalam pertandingan Gaple dan juara 2 dalam pertandingan tenis meja.

Meneladani  Oeang Republik Indonesia (ORI) sebagai alat pemersatu bangsa, Kemenkeu terus mengelola dan menjaga APBN sebagai instrument untuk mempersatukan bangsa dalam masyarakat yang adil, makmur, dan sejahtera. Serta dengan adanya kegiatan peringatan HORI ke-76 se-Suciayumajakuning, diharapkan dapat mempererat sinergi antar kantor vertikal Kementerian Keuangan di wilayah Suciayumajakuning.

 

Daftar Pustaka : https://visual.kemenkeu.go.id/sejarah-oeang

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini