Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Cirebon > Berita
Belajar Lelang UMKM Dan Kearsipan Hingga Bumi Priangan
Irfan Rachmat Devianto
Jum'at, 24 Juni 2022   |   94 kali

KPKNL Cirebon ikut serta dalam kegiatan kompetisi Kedai Lelang UMKM dan kearsipan pada tahun 2022 ini. Untuk itu banyak hal yang telah dipersiapkan oleh KPKNL Cirebon agar mendapatkan hasil yang maksimal pada kompetisi tersebut. Persiapan yang dilakukan tidak hanya melalui penyiapan infrastruktur penunjang tetapi juga dari segi pengetahuan. Tentu pengetahuan yang paling baik diperoleh dari pengalaman, maka itu pada rabu (22/06) pagi KPKNL Cirebon mengunjungi KPKNL Tasikmalaya untuk mencari ilmu dari pengalaman pemenang kompetisi tersebut.

Rombongan KPKNL Cirebon terdiri dari Kepala Bagian Umum Sunadi beserta staf dan Kepala Seksi Hukum dan Informasi Susilo Prajoko diterima baik diruang rapat KPKNL Tasikmalaya.  Rombongan langsung disambut oleh Kepala Seksi Hukum dan Informasi KPKNL Tasikmalaya Heru Widiyanto, beserta staf Hadiwijaya dan pelelang ahli pertama Latifah.

Susilo Prajoko sebagai ketua tim Kedai Lelang UMKM KPKNL Cirebon tahun 2022, menyampaikan bahwa benchmarking yang dilakukan saat ini adalah untuk belajar dari pengalaman KPKNL Tasikmalaya yang pernah mengikuti Kedai Lelang UMKM di tahun 2021 hingga memperoleh Juara I Nasional, dan Lomba Pengelolaan Arsip di tahun 2020 dan meraih Juara II se-DJKN.

“KPKNL Cirebon telah banyak belajar dari KPKNL Tasikmalaya, salah satu implementasinya adalah Baraya yang direplikasi di KPKNL Cirebon. Dan untuk saat ini adalah iilmu bagaimana menata arsip dengan baik sesuai ketentuan”, tambah Sunadi.

Dalam paparanya KPKNL Tasikmalaya secara berkelanjutan melaksanakan lelang UMKM pada lelang.go.id pada minggu kedua setiap bulannya. Hal tersebut masih dilakukan hingga kini, sebagai bentuk komitmen dalam mendukung perekonomiam UMKM khususnya di bumi priangan. Di sisi kearsipan, KPKNL Tasikmalaya memisahkan antara arsip aktif dan arsip inaktif. Pencahayaan dan suhu yang cukup juga dilakukan untuk menjaga arsip, serta dilakukan penyemprotan pembasmi serangga agar arsip tidak rusak.

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini