Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Diskusikan Rencana Pemanfaatan Aset, KPKNL Bukittinggi Kunjungi Salah Satu Aset Negara di Payakumbuh
Mochammad Teguh Ariyanto
Senin, 13 Juni 2022   |   132 kali

Proses pengamanan dan pengelolaan aset Negara eks kelolaan PT Perusahaan Pengelola Aset (Persero) yang terletak di Jl. Sudirman, Kota Payakumbuh, telah memasuki babak baru. Setelah sebelumnya KPKNL Bukittinggi bersama dengan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Riau, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau (Kanwil DJKN RSK) melakukan rangkaian dialog hingga upaya litigasi terhadap para pihak yang memanfaatkan aset secara ilegal tanpa persetujuan Kementerian Keuangan selaku pengelola aset, Kanwil DJKN RSK bersama dengan KPKNL Bukittinggi akhirnya dapat kembali menguasai dan mengelola aset sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. Aset berupa tanah dan bangunan tersebut pun telah dioptimalisasikan melalui pemanfaatan oleh dua pihak berbeda, yang salah satunya ialah Lembaga Bahasa Asing yang bergerak di sektor pendidikan yang merupakan sektor strategis Nasional.

Melihat potensi optimalisasi yang masih terbuka, Kamis (9/6), Tim KPKNL Bukittinggi dan Kanwil DJKN RSK melakukan kunjungan ke aset yang terletak di jantung kota Payakumbuh tersebut. Dalam salah satu ruangan aset, Tim bersama dengan pihak penyewa dan koordinator pelaku UMKM berdiskusi mengenai rencana sewa oleh pelaku UMKM dan potensi sinergi dengan pihak pengelola Lembaga Bahasa Asing yang sudah terlebih dahulu melakukan sewa terhadap sebagian area aset. Dari hasil diskusi tersebut, pelaku UMKM akan menyampaikan permohonan sewa setelah dokumen persyaratan terpenuhi.

Setelah melakukan diskusi dan koordinasi dengan pelaku UMKM, Tim pun melanjutkan kunjungan ke PT Bank Nagari Cabang Payakumbuh selaku penyewa atas sebagian area aset. Selain berdiskusi mengenai rencana perpanjangan sewa untuk lahan parkir, Tim dan Pimpinan PT Bank Nagari Cabang Payakumbuh juga berdiskusi mengenai potensi-potensi kerjasama pemanfaatan aset. (Ari)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini