Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Sosialisasi Portal Lelang Indonesia di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman Barat
Mochammad Teguh Ariyanto
Kamis, 01 Juli 2021   |   232 kali

Salah satu tugas dan fungsi Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bukittinggi adalah memberikan pelayanan Lelang, yang saat ini sudah dapat dilakukan secara online melalui portal/aplikasi Lelang Indonesia. Maka untuk meningkatkan awareness dan jumlah pengguna portal/aplikasi Lelang Indonesia, Rabu (30/6), Tim KPKNL Bukittinggi yang dipimpin langsung oleh Kepala KPKNL Bukittinggi, Hermawan Sukmajati, melaksanakan sosialisasi portal/aplikasi Lelang Indonesia di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman Barat. Pada kegiatan yang dihadiri oleh 45 peserta tersebut, Tim KPKNL Bukittinggi memberikan penjelasan mengenai manfaat dan mekanisme dalam mengoperasikan portal/aplikasi Lelang Indonesia.

Dalam salah satu sesi, Tim KPKNL Bukittinggi juga mengajak peserta untuk memanfaatkan portal/aplikasi Lelang Indonesia sebagai wadah untuk menjual produk-produk UMKM, utamanya yang ada di wilayah Kabupaten Pasaman Barat. Untuk menambah antusiasme peserta, Tim Bank Rakyat Indonesia Cabang Pasaman Barat juga turut menjadi narasumber dalam sosialisasi tersebut untuk memberikan penjelasan mengenai obyek-obyek lelang eksekusi hak tanggungan yang berasal dari agunan debitur yang sudah dalam kategori macet.

Pada sesi tanya jawab, salah seorang peserta menanyakan adanya potensi penipuan dalam pengumuman lelang dalam bentuk selebaran atau broadcast media digital. Hermansyah, Pejabat Fungsional Lelang KPKNL Bukittinggi yang turut menjadi narasumber menjelaskan bahwa selama calon pembeli mengikuti lelang melalui portal/aplikasi Lelang Indonesia maka potensi penipuan akan dapat dihindari, mengingat objek yang lelangnya dilakukan oleh DJKN seluruhnya termuat dalam portal/aplikasi Lelang Indonesia dan proses lelangnya juga dilakukan melalui portal/aplikasi tersebut. Selain pertanyaan, salah seorang peserta juga memberikan masukan agar portal/aplikasi Lelang Indonesia dapat mengakomodir calon pembeli dari negara lain (bukan warga negara Indonesia), karena beberapa produk UMKM memiliki nilai jual yang lebih tinggi di pasar internasional. (Ari)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini