Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Upaya Optimalisasi Aset, Kepala Kanwil DJKN RSK Kunjungi Bangunan Bekas Lapas di Bukittinggi
Corina Nafia
Selasa, 24 November 2020   |   187 kali

Bukittinggi – Pemerintah dinilai masih memiliki peluang untuk terus menambah pendapatan negara di tengah pandemi Covid-19.  Karena itu, Pemerintah melalui Kementerian/Lembaga (K/L) terus menggali dan mengidentifikasi berbagai sumber potensial yang bisa mendorong pemasukan negara.

Sebagai upaya mendongkrak Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), Pemerintah terus mendorong Kementerian/Lembaga (K/L) untuk mengoptimalkan pengelolaan Barang Milik Negara (BMN). Salah satunya terkait dengan pemanfaatan aset negara. Aset-aset yang dimiliki negara seharusnya dikelola dengan lebih baik agar bisa memberikan kontribusi. Jikapun nantinya akan dikelola oleh pihak ketiga, juga harus bisa lebih dioptimalkan.

Pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) yang efektif adalah apabila BMN tersebut produktif dapat memberikan kontribusi dan manfaat bagi negara. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, perlu adanya kreatifitas dan tindakan yang masif dalam pengelolaan BMN sehingga setiap BMN dapat memberikan kontribusi pada pemasukan yang signifikan pada Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dan manfaat yang sebesar-besarnya bagi Institusi dan stakeholder-nya.

Dalam rangka mewujudkan pengelolaan BMN yang optimal penggunaan dan maksimal manfaatnya, Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bukittinggi, Hermawan Sukmajati dan staf bersama Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Riau, Sumatera Barat dan Kepulauan Riau (RSK), Sudarsono dengan didampingi oleh Kepala Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bukittinggi, Marten melakukan survei BMN berupa tanah dan/bangunan berupa bekas lapas pada Kementerian Hukum dan HAM c.q. Lembaga Permasyarakatan Kelas IIA Bukittinggi, yang terletak di pusat bisnis Kota Bukittinggi tepatnya berada di Jalan Perintis Kemerdekaan Kota Bukittinggi.

Untuk meningkatkan PNBP di tengah pandemi, Pemerintah perlu melakukan terobosan dan mencari berbagai peluang. Salah satunya adalah melalui bangunan bekas lapas kelas IIA Bukittinggi yang saat ini dimanfaatkan menjadi Sarana Edukasi dan Asimilasi Warga Binaan Lapas Klas IIA Bukittinggi. (crn)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini