Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bogor > Kilas Peristiwa
Ceramah Agama dan Cucurak Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1438 H
Sodi Haryatiningsih
Kamis, 08 Juni 2017   |   1421 kali

Bogor – “Marhaban yaa Ramadhan”.  Dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan 1438 H, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bogor menyelenggarakan Ceramah Agama dan Cucurak (yaitu tradisi di Bogor dimana dilakukan makan bersama sebelum bulan puasa) pada Jumat 26 Mei 2017.

 

Acara yang digelar di Aula KPKNL Bogor ini, dihadiri oleh Kepala Kantor, para Pejabat Eselon IV dan seluruh pegawai serta para tenaga honorer di lingkungan KPKNL Bogor. Acara dibuka dengan sambutan Kepala KPKNL Bogor, Abdul Manaf yang  menyampaikan rasa syukurnya karena masih diberikan kesempatan untuk bertemu dengan bulan Ramadhan yaitu bulan yang penuh berkah, rahmat dan ampunan. Lebih lanjut, Manaf mengharapkan dengan diadakannya kegiatan ceramah agama ini, dapat menambah ilmu, meningkatkan iman dan takwa dan mempererat tali ukhuwah diantara para pegawai KPKNL Bogor.

 

Sementara itu, bertindak sebagai narasumber adalah Ustadz Ridwan Faturahman, Lc. Secara singkat beliau menyampaikan materi tentang sejarah turunnya perintah untuk berpuasa Ramadhan yaitu pada bulan sya’ban tahun ke 2 Hijriyah atau 624 Masehi. Kewajiban berpuasa tidak hanya dibebankan pada umat Nabi Muhammad SAW, namun sejak masa Nabi Adam, puasa telah dilaksanakan namun dengan ketentuan dan waktu yang berbeda antara lain dengan cara berpuasa tiga hari dalam setiap bulan (Ayyamul Bidh).  Perintah puasa ini sebagaimana tertulis dalam Al Qur’an Surah Al Baqarah:183 “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”.

 

Puasa berasal dari bahasa Arab yang berarti menahan dari melakukan sesuatu. Secara terminologis berarti menahan dari makan, minum, dan jima’ serta dibarengi dengan niat sejak terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari. Adapun tujuan puasa Ramadhan adalah untuk membentuk pribadi muslim yang bertakwa kepada Allah yakni mengerjakan semua perintah Allah dan menjauhi semua yang dilarang Allah.

 

Rangkaian acara diakhiri dengan bermaaf-maafan menjelang bulan Ramadhan oleh seluruh pegawai KPKNL Bogor. Semoga dengan kegiatan ceramah agama dan cucurak ini, para pegawai KPKNL Bogor dapat menjalankan ibadah di bulan Ramadhan ini dengan maksimal, menjadi pribadi-pribadi yang bertakwa serta tetap menjaga kebersamaan dalam menyelesaikan tugas yang diembannya, Aamin Yaa Robbal’alamiin. (Teks&foto: Sodi Haryatiningsih, Seksi Hukum dan Informasi KPKNL Bogor).


Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini