Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
KPKNL Bogor
BERITA UTAMA
Bagi Anda yang ingin melepas penat di area Puncak namun kesulitan memperoleh penginapan, wisma dan asrama BBPK Ciloto bisa menjadi pilihan.
Info lelang.go.id
Pengumuman
Kilas Peristiwa
Profil KPKNL Bogor

Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bogor merupakan salah satu kantor vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) yang berada dalam wilayah kerja Kanwil VIII DJKN Jawa Barat. KPKNL Bogor berlokasi di jalan Veteran Nomor 45, tepat berada di pusat kota Bogor yang dikenal sebagai “Kota Hujan” dan dimasa kolonial Belanda, Bogor dikenal dengan nama Buitenzorg yang berarti “tanpa kecemasan” atau “aman tentram”.

Sejarah pendirian KPKNL Bogor berawal dari Kantor Pelayanan Pengurusan Piutang Negara (KP3N) Bogor dan Kantor Lelang Negara (KLN) Bogor. Kemudian KP3N Bogor dan KLN Bogor digabung menjadi Kantor Pelayanan Pengurusan Piutang dan Lelang (KP2LN) Bogor.  Selanjutnya berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 135/PMK.01/2006 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, dibentuklah Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bogor menggantikan KP2LN Bogor.


Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor  PMK 118/PMK.01/2021 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal DJKN, KPKNL Bogor memiliki 4 core business utama yaitu Pengelolaan Kekayaan Negara, Pelayanan Penilaian, Pengurusan Piutang Negara, dan Pelayanan Lelang. Dengan adanya beberapa core business tersebut, menjadikan KPKNL Bogor memiliki hubungan yang erat dengan berbagai macam pengguna layanan antara lain Kementerian/lembaga, Pemda, Penyerah Piutang, Penanggung Hutang, Badan Pertanahan Negara, Balai Lelang.




KPKNL mempunyai tugas melaksanakan pelayanan di bidang kekayaan negara, penilaian, dan lelang. KPKNL menyelenggarakan fungsi yang dijabarkan sesuai dengan uraian berikut:

1)        inventarisasi, pengadministrasian, pendayagunaan, dan pengamanan kekayaan negara;

2)        registrasi, verifikasi dan analisa pertimbangan permohonan pengalihan serta penghapusan kekayaan negara;

3)        pelaksanaan pengurusan piutang negara dan kewenangan Panitia Urusan Piutang Negara;

4)        pelaksanaan bimbingan teknis, pembinaan, penatausahaan, penagihan dan optimalisasi dalam rangka pengelolaan piutang negara;

5)        pelaksanaan pelayanan penilaian;

6)        pelaksanaan pelayanan lelang;

7)        penyajian informasi di bidang kekayaan negara, penilaian, dan lelang;

8)        pelaksanaan pemberian pertimbangan dan advokasi pengurusan piutang negara dan lelang;

9)        verifikasi dan pembukuan penerimaan pembayaran piutang negara dan hasil lelang; dan

10)     pelaksanaan administrasi KPKNL

Sementara itu, wilayah kerja KPKNL mencakup enam kawasan kota/Kabupaten yaitu, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kota Sukabumi, Kabupaten, Sukabumi, dan Kabupaten Cianjur dengan total luas daerah cakupan sebesar 8.246 kilometer persegi.


Selama tahun 2021, KPKNL Bogor berhasil mengelola total 2.455.382 Aset Negara dengan nilai buku sebesar Rp 87.645.533.043.602,- yang berasal dari total 267 Satuan Kerja yang tersebar di wilayah kerja KPKNL Bogor.Wilayah kerja KPKNLBogor yang sebagian besar adalah area Agroekowisata dengan aspek demografi, topografi, dan masyarakat yang variatif membuat wilayah kerja KPKNL Bogor termasuk wilayah kerja yang challenging.


Selain itu selama tahun 2021, KPKNL Bogor telah berhasil mengumpulkan PNBP dari bea lelang yaitu sebesar Rp.29.165.774.050,- serta PNBP dari Biaya Administrasi Pengurusan Piutang Negara sebesar Rp.112.849.573,-. Hal ini tak lepas dari banyak nya pelaksanaan lelang yaitu sebanyak 2.050 frekuensi lelang serta Pengurusan Berkas Kelengkapan Piutang Negara (BKPN) sebanyak 862 berkas. Begitupun, di tengah tantangan target dan beban kerja yang tinggi, indeks kepuasan KPKNL bogor selama 5 tahun terakhir berada di angka indeks rata -rata 4,62 atau predikat sangat baik.

KPKNL Bogor saat ini menempati gedung yang sudah masuk dalam kategori bersejarah atau Heritage, namun dapat disiasati dengan desain interior dan tata ruang yang baik sehingga tersedia ruang kerja yang memadai serta ruang pelayanan yang nyaman untuk para stakeholder. Dalam rangka menyajikan pelayanan yang terbaik, terdapat Area Pelayanan Terpadu (APT) yang didalamnya terdapat petugas-petugas yang secara khusus disiapkan untuk memudahkan para stakeholder dalam menerima pelayanan meliputi petugas front office, petugas layanan (help desk) dan petugas pendukung (pengamanan).

KPKNL Bogor memiliki ruang lelang yang cukup memadai, dengan standar kenyamanan yang baik untuk memberikan kenyamanan kepada para peserta lelang selama proses lelang berlangsung. Mengingat besarnya antusias permohonan lelang dari stakeholder yang dapat dilihat dari frekuensi lelang yang cukup signifikan, maka untuk penjadualan para pelelang harus bekerja cepat dan terampil baik dalam hal pemeriksaan dokumen maupun dalam membuat penetapan lelang.

Adapun fasilitas penunjang di kawasan KPKNL Bogor saat ini antara lain adalah Aula yang dapat digunakan baik untuk kegiatan internal maupun eksternal, secara internal digunakan sebagai tempat melakukan koordinasi antar pegawai sedangkan secara eksternal digunakan untuk melakukan rapat pembahasan dengan stakeholder yang dilengkapi dengan sarana yang cukup memadai. Disamping itu, masih terdapat fasilitas penunjang lainnya yaitu halaman yang dapat berfungsi sebagai tempat parkir dan sarana olah raga misalnya bola voli atau bulu tangkis, serta terdapat mushola yang bisa menampung pegawai maupun tamu yang akan melakukan ibadah solat.


Dengan membawa slogan BAGEUR yang memiliki akronim BERSIH - AMANAH - GESIT - UNGGUL - RAMAH, KPKNL Bogor siap memberikan pelayanan terbaik di bidang pengelolaan kekayaan negara untuk masyarakat


Wilayah Kerja
Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur
Prestasi KPKNL Bogor
KPKNL Berkinerja Lelang Terbaik III Tahun 2017
Peta Lokasi KPKNL Bogor
Alamat Kantor
Jl. Veteran No. 45 Bogor - 16113
(0251) 8315453
(0251) 8382934
kpknlbogor@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini