Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bogor > Berita
DJKN IGT (Informasi Geospasial Tematik) – Kebijakan Satu Peta
Egi Indra Wilantika A.md.
Rabu, 07 Februari 2024   |   48 kali

Jakarta, Senin 5 Februari 2024 bertempat di Aula Kantor Pusat DJKN, Gedung Syafruddin Prawiranegara II Lantai 5 Selatan, Jalan Lapangan Banteng Timur Nomor 2-4, Jakarta, Kick Off Meeting Penyusunan IGT (Informasi Geospasial Tematik) Peta BMN (Barang Milik Negara) Tanah Tahun 2024 telah dilaksanakan.

 

Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Rionald Silaban memberikan sambutannya pada acara tersebut. Rionald menyampaikan bahwa IGT mendukung program satu peta nasional dan sangat bermanfaat untuk pengambilan keputusan dan kebijakan skala nasional. Rionald juga menyampaikan agar DJKN dapat bersinergi dengan semua pihak untuk mendukung program IGT. Selepas sambutannya, Rionald membuka secara resmi acara Kick Off Meeting dan menyampaikan jargon ‘Kebijakan Satu Peta untuk Pembangunan Indonesia’.

 

Rapat diawali sambutan Direktur Penilaian, Arik Haryanto. Dalam sambutannya Direktur Penilaian menyampaikan bahwa DJKN IGT adalah kegiatan untuk mendukung program satu peta nasional. Beberapa hal yang telah dilakukan DJKN diantaranya penyampaian sekitar 4.516 data yang tersebar pada 26 Kementerian/Lembaga sesuai target dan telah diverifikasi koordinatnya pada Badan Informasi Geospasial (BIG), serta penandatanganan peta tematik antara BIG dengan Kemenkeu yang diwakili Pusintek. Arik Haryanto juga mengapresiasi atas dukungan KPKNL dalam kegiatan IGT sampai dengan tahun 2023 dan menyampaikan bahwa IGT tidak akan terlaksana tanpa bantuan dari KPKNL.

 

Acara dilanjutkan dengan sambutan Direktur PKKN, Encep Sudarwan yang menyampaikan bahwa DJKN telah melaksanakan Kebijakan Satu Peta (KSP) yang terdiri dari 4 kegiatan yaitu kompilasi data IGT, integrasi data IGT, sinkronisasi data IGT dan penyusunan rekomendasi dan fasilitasi penyelesaian permasalahan IGT. Encep menyapaikan bahwa kegiatan ini memerlukan bantuan dan sinergi semua pihak terutama untuk mengupdate data pada Aplikasi SIMAN gara dapat terselesaikan dengan baik.

 

Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi interaktif terkait IGT dengan narasumber yaitu Kepala Pusat Pemetaan dan Integrasi Tematik Badan Informasi Geospasial, Direktur Survei dan Pemetaan Tematik Kementerian ATR/BPN, Kepala Bidang Pengelolaan Data dan Informasi Kementerian ATR/BPN, dan Asisten Deputi Penataan Ruang dan Pertanahan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini