Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bogor > Berita
Pencanangan Zona Integritas, Semangat Baru KPKNL Bogor
Muhammad Affid Diena
Rabu, 04 Januari 2023   |   105 kali

Kamis (21/12), KPKNL Bogor melaksanakan kegiatan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi. Kegiatan ini dihadiri secara langsung oleh seluruh pegawai KPKNL Bogor didampingi oleh Tim Kepatuhan Internal Sekretariat Jenderal Kekayaan Negara. Kepala Kanwil DJKN Jawa Barat juga turut hadir secara virtual melalui zoom meeting dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan dibuka dengan pembacaan doa dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Kemenkeu oleh seluruh peserta. Kepala Kanwil DJKN Jawa Barat kemudian mengisi sambutan dengan memberikan dukungan agar KPKNL Bogor dapat meraih predikat WBK di Tahun 2023. “Kanwil akan memberikan dukungan penuh kepada KPKNL Bogor, silakan apabila diperlukan sharing knowledge maupun diskusi/FGD. Kita sangat berharap KPKNL Bogor menjadi unit berikutnya di lingkup Kanwil DJKN Jawa Barat yang berhasil memperoleh predikat WBK.” Selanjutnya Bimo Aryo selaku Kepala KPKNL Bogor menyampaikan laporannya terkait hal-hal yang telah dan perlu dipersiapkan oleh KPKNL Bogor untuk mendapatkan predikat ZI WBK di Tahun 2023 nanti. “Dokumentasi kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan sangat diperlukan, untuk itu seluruh pegawai dalam hal ini tim kerja, serta agen perubahan senantiasa mendokumentasikan kegiatan apapun yang telah dilaksanakan untuk pencapaian WBK nanti”, ungkap Bimo.

Usai sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan acara inti yaitu Pencanangan KPKNL Bogor sebagai Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi. Pencanangan diawali dengan penandatanganan Pakta Integritas oleh seluruh pegawai sekaligus penandatanganan Surat Keputusan Tim Kerja Pembangunan Zona Integritas WBK oleh Kepala KPKNL Bogor. Penandatanganan ini merupakan wujud komitmen seluruh elemen KPKNL Bogor, termasuk pegawai dan PPNPN untuk berpartisipasi dalam pembangunan Zona Integritas. Kepala Kantor juga menetapkan Rencana Kerja serta Agen Perubahan yang terdiri Duta Kesehatan, Duta Sosial, dan Duta Efisiensi. Agen Perubahan dan Tim Kerja ini akan bersinergi untuk melaksanakan rencana kerja yang telah dibuat untuk mewujudkan predikat Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi KPKNL Bogor Tahun 2023.

Pada kesempatan itu, Tim KI Sekretariat Jenderal DJKN memberikan sosialisasi dalam rangka memperkuat integritas dan sinergi seluruh pegawai KPKNL Bogor dalam menjalani proses penilaian Zona Integritas WBK pada 2023 nanti. Tim KI yang diwakili oleh Akhyar dan Citra menyampaikan tips serta hal-hal yang perlu diperhatikan untuk mencapai predikat ini. Akhyar menekankan pentingnya budaya anti korupsi dan anti gratifikasi bagi seluruh pegawai KPKNL Bogor. “Ini sangat penting, syarat utama predikat WBK adalah tidak adanya kasus gratifikasi maupun korupsi, jadi jangan sampai kasus seperti ini terjadi di KPKNL Bogor,” ungkap Akhyar. Selain itu, Akhyar dan Chitra juga menyampaikan hal-hal yang perlu dilakukan dalam meningkatkan pelayanan di KPKNL Bogor seperti adanya kejelasan layanan, kompensasi apabila ada layanan yang kurang sesuai, membuat inovasi layanan, adanya Area Pelayanan Terpadu (APT) yang representatif, serta pengelolaan atas saluran pelayanan dan pengaduan yang baik.

Terakhir, Kepala KPKNL Bogor menutup acara dengan menekankan kembali kepada pegawai KPKNL Bogor untuk senantiasa memperkuat integritasnya dalam melakukan kegiatan apapun, khususnya dalam melayani stakeholder dan pengguna layanan. Bimo berharap kegiatan pencanangan ini merupakan tonggak awal menyambut semangat baru agar KPKNL Bogor dapat memperoleh predikat Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi di Tahun 2023.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini