Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bima > Berita
Tekad Penuh Tingkatkan Pelayanan Prima, KPKNL Bima Lakukan Pelatihan Service Excellence
Ahmad Girindra Wardhana
Jum'at, 28 Juli 2023   |   43 kali

Senin (26/07), bertempat di Aula KPKNL Bima, KPKNL Bima Bersama dengan Bank Negara Indonesia (BNI) KCU Bima melaksanakan Pelatihan Capacity Building Service Excellence. Narasumber dalam Knowledge Sharing kali ini yakni Sandra Meilita K., Branch Business Manager BNI KCU Bima. Acara ini diselenggarakan dari Pukul 14.00 WITA dan dihadiri oleh seluruh Pegawai KPKNL Bima tanpa terkecuali serta beberapa perwakilan dari BNI KCU Bima.


Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memberi kesempatan kepada pegawai untuk menyerap ilmu sebanyak-banyaknya yang berkaitan dengan pelayanan kepada masyarakat sehingga nantinya diharapkan Pegawai KPKNL Bima dalam memberikan pelayanan dapat memenuhi harapan dan kebutuhan pengguna layanan. Selain itu, kegiatan ini merupakan bentuk dari komitmen KPKNL Bima yang saat ini sedang berproses untuk menjadi kantor pelayanan yang memiliki pelayanan prima dan unggul, dimana pelayanan merupakan salah satu pilar utama yang menjadi fokus utama untuk dilakukan penyempurnaan.


Acara ini dibuka dengan sambutan oleh Kepala KPKNL Bima, Hadi Wiyono. Hadi memulai sambutannya dengan menyampaikan mengenai apresiasi kepada BNI yang telah hadir untuk menjadi narasumber dalam acara ini, besar harapan Hadi perihal keberlangsungan acara ini dikarenakan KPKNL Bima terus ingin belajar mengenai pelayanan prima karena core utama daripada KPKNL Bima adalah mengenai pelayanan kepada pengguna layanan seperti stakeholders dan masyarakat. Instansi perbankan sendiri merupakan instansi yang tidak perlu diragukan lagi tentang kualitas dalam pelayanannya.


Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Pihak BNI. Pemaparan materi diawali dengan penjelasan mengenai 5 (Lima) dimensi service quality: Reliability, Assurance, Tangibles, Empathy, dan Responsiveness, menjadi faktor-faktor yang digunakan oleh pengguna layanan untuk mengevaluasi tingkat kepuasan dan kualitas pelayanan. Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan tentang pemberi layanan harus mampu memberikan layanan yang memenuhi kepuasan pengguna layanan melalui sikap yang responsif dan solutif sehingga memberikan pengalaman yang memorable bagi pengguna layanan. Dengan terciptanya hubungan yang baik antara pemberi dan pengguna layanan, akan terbentuk loyalitas dan citra yang positif sehingga excellent institute dapat tercapai. 


Kemudian yang terakhir dijelaskan mengenai pelayanan publik juga tidak terlepas dari cara penyampaian/pemberian layanan. Hal ini berkaitan dengan sikap, gestur tubuh dan penampilan. Pemberi layanan harus senantiasa bersikap ramah dengan gesture tubuh yang baik serta dilengkapi dengan atribut yang rapi dan sopan (well groomed) sehingga memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi pengguna layanan.


Selain penjelasan tentang materi tersebut, dilakukan pula Role play front liner yang diperankan oleh Fani Marfulloh dan pengguna layanan yang diperankan oleh Ni Made Ayuning Pradnyani untuk memberikan gambaran atas pemberian layanan yang baik dan sesuai dengan harapan pengguna layanan.


Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dimana beberapa Pegawai KPKNL Bima aktif untuk menanyakan perihal pelayanan prima. Acara kemudian ditutup dengan sesi foto bersama dan pemberian piagam penghargaan dari KPKNL Bima kepada pihak BNI sebagai narasumber.


Melalui kegiatan ini, Pegawai KPKNL Bima diharapkan mampu meningkatkan kualitas layanan melalui pembaharuan intrapersonal dan interpersonal skill serta menjaga sikap dan penampilan saat menghadapi pengguna layanan sehingga tercapai kepuasan dari stakeholder.


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini