Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bima > Berita
KPKNL Bima Edukasi Pendataan DBR/DBL Pada Aplikasi SIMAN V1 Dan SIMAN Mobile Melalui Kegiatan BERTEMAN
Ricky Septihara
Kamis, 09 Maret 2023   |   885 kali

Rabu (08/03) – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bima melaksanakan kegiatan BERTEMAN (Belajar Interaktif Manajemen Aset Negara) untuk periode Maret Tahun 2023. BERTEMAN kali ini dilakukan secara non tatap muka menggunakan media aplikasi zoom dengan dihadiri oleh perwakilan dari Satuan Kerja yang berada di wilayah kerja KPKNL Bima dalam hal ini yakni Operator BMN masing-masing Satker.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk usaha dari KPKNL Bima untuk meningkatkan kualitas layanan, mengomunikasikan kebijakan pengelolaan Barang Milik Negara, penilaian, lelang dan piutang negara serta bentuk kontribusi aktif dalam pembenahan tata kelola Barang Milik Negara pada Satuan Kerja Kementerian/Lembaga di Wilayah Kerja KPKNL Bima. Pada BERTEMAN kali ini materi yang akan disampaikan yakni pendataan Kartu Identitas Barang (KIB) dan Daftar Barang Ruangan (DBR) / Daftar Barang Lainnya (DBL) pada aplikasi SIMAN V1 dan SIMAN Mobile.

Acara dibuka dengan pembacaan doa untuk kelancaran kegiatan yang dipimpin oleh Bohal Raja Mangaliat Tua Aritonang selaku MC pada kegiatan kali ini dan dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara KPKNL Bima, Asep Atang. Asep menyampaikan ucapan terimakasih kepada para tamu undangan yang hadir dan apresiasi kepada stakeholder KPKNL Bima atas raihan prestasi dalam pengelolaan kekayaan negara pada tahun 2022. Ia juga menyampaikan pentingnya kegiatan BERTEMAN kali ini. “pendataan KIB dan DBR/DBL sangat penting dilaksanakan, selain untuk menertibkan penatausahaan Barang Milik Negara, kegiatan ini juga dapat membantu kita khususnya operator BMN dalam mengidentifikasi keberadaan barang serta penatausahaan BMN ini juga merupakan objek pemeriksaan BPK RI” ujar Asep.

Setelah pembukaan acara dilanjutkan dengan pemaparan materi yang disampaikan oleh I Gd Putu Arya Wijaya Kusuma, pelaksana pada Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara. Arya menyampaikan bahwa pendataan KIB, DBR dan DBL mulai 1 Januari 2023 dilakukan melalui aplikasi SIMAN setelah sebelumnya dilakukan melalui aplikasi SAKTI sehingga materi yang akan disampaikan hari ini yakni Tahapan Pendataan DBR/DBL pada aplikasi SIMAN V1 dan SIMAN Mobile. “dengan adanya fitur pendataan DBR/DBL pada aplikasi SIMAN ini dapat memudahkan kita dalam menatausahakan BMN di mana Label BMN serta DBR/DBL dapat dicetak melalui aplikasi tersebut”, ucap Arya.

Kemudian acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Ghany Kharisma dari Pengadilan Agama Dompu bertanya bagaimana pencatatan untuk BMN yang telah dihapus namun belum ada Surat Keputusannya, “untuk BMN yang sudah / akan dihapus bisa dikumpulkan di satu ruangan seperti gudang sehingga nanti jika sudah ada SK Penghapusannya dan sudah dilakukan update pada aplikasi SIMAN maka BMN tersebut akan otomatis terhapus dari Daftar Barang Ruangan pada gudang tersebut”, jawab Arya.

Kegiatan ditutup dengan kuis yang dimenangkan oleh Dera dari MTsN 1 Kota Bima sebagai juara 1, Kenedy dari PJN Wilayah II Provinsi NTB sebagai juara 2 dan Anggun dari Kantor Pertanahan Kabupaten Sumbawa Barat sebagai juara 3. Pada kegiatan ini juga diberikan penghargaan Operator Partisipatif kepada Indra dari MTsN 2 Kabupaten Sumbawa.

Semoga dengan adanya kegiatan BERTEMAN kali ini dapat membantu Operator BMN dalam menjalankan tugas dan kewajibannya serta tata kelola Barang Milik Negara dapat dilaksanakan dengan lebih baik lagi.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini