Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bima > Berita
Memperkenalkan Kementerian Keuangan lewat "Goes to Campus"
Ahmad Girindra Wardhana
Kamis, 03 November 2022   |   139 kali

Bima (02/11) Kantor Pelayanan kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bima Bersama dengan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Bima dan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Raba Bima yang tergabung dalam Forum Kemenkeu Satu Bima mengadakan acara "Kemenkeu Satu Bima Goes to Campus". Acara ini merupakan serangkaian kegiatan dalam menyemarakkan peringatan Hari Oeang yang ke-76. Acara ini dilaksanakan di Auditorium Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Kota Bima.

Sebelum memasuki acara inti, para peserta, yang tidak hanya berasal dari kalangan mahasiswa namun juga dosen pada STIE Bima, mengikuti serangkai kegiatan dari mulai persiapan dimana para peserta khususnya mahasiswa diharuskan untuk mengisi daftar hadir yang telah disediakan oleh panitia. Kemudian acara dibuka oleh MC dari KPP Pratama Raba Bima, Ricky dan Amel yang memandu peserta untuk menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya secara bersama-sama.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan yang diberikan oleh perwakilan dari Forum Kemenkeu Satu Bima, Kepala KPP Pratama Raba Bima, I Wayan Nuryana. Dalam sambutannya, Wayan mengatakan "Apresiasi setinggi-tingginya kami berikan kepada STIE Bima yang telah bersedia menerima dan memfasilitasi kegiatan ini. Kami berharap, dengan diadakannya acara ini dapat menambah wawasan mahasiswa terkait APBN, Pajak, Perbendaharaan Negara, dan Kekayaan Negara." Acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian sambutan oleh rektor STIE Bima.

Setelah acara sambutan selesai, dilaksanakan sesi penyerahan plakat dan penandatanganan Pakta Bersama. Beberapa poin penting yang dibahas di dalam Pakta Bersama ini antara lain :

  1. Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) mahasiswa STIE Bima melalui kegiatan seperti magang tematik, relawan pajak, dan sebagainya;
  2. Memaksimalkan peran lembaga unit kerja Kementerian Keuangan dalam memperkaya pengetahuan mahasiswa STIE Bima melalui kuliah umum, workshop, seminar dan pelatihan tentang pajak dan keuangan negara;
  3. Pelaksanaan kegiatan penelitian sebagai upaya memperkaya informasi sekaligus sebagai bahan rujukan terkait pajak dan keuangan negara;
  4. Pelaksanaan kegiatan edukasi dan sosialisasi terkait perpajakan dan keuangan negara kepada masyarakat;
  5. Pembangunan budaya anti korupsi dan gratifikasi pada mahasiswa STIE Bima sejak dini.

Setelah dilakukannya penandatanganan Pakta Bersama, dilanjutkan dengan kampanye anti korupsi dan gratifikasi. Kegiatan ini dilakukan melalui cara yang berbeda dimana peserta Goes to Campus melantunkan nyanyian dan tarian tentang anti korupsi dengan mengikuti contoh video yang sudah ditampilkan oleh panitia di layar monitor. Hal ini dilakukan untuk memberikan pengetahuan lebih kepada civitas akademika STIE Bima terkait pentingnya untuk tidak melakukan korupsi maupun gratifikasi dalam bentuk apapun.

Setelah dilaksanakannya kampanye anti korupsi dan gratifikasi oleh seluruh peserta , dilanjutkan dengan acara inti "Goes to Campus" yakni pemaparan materi oleh tiga kantor secara bergantian yang dimulai dari KPP Pratama Raba Bima terkait Perpajakan khususnya perpajakan di lingkup Kota Bima, Kabupaten Bima, dan Kabupaten Dompu. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan terkait perbendaharaan negara oleh KPPN Bima. Dan yang terakhir disusul oleh pemaparan terkait kekayaan negara dan lelang oleh KPKNL Bima yang dijelaskan langsung oleh Kepala KPKNL Bima, Hadi Wiyono.

Dalam pemaparannya, Hadi menjelaskan terkait tugas dan fungsi DJKN khususnya KPKNL Bima, kemudian terkait posisi kekayaan negara dalam neraca Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) oada tahun 2021. Hadi juga mejelaskan terkait pengelolaan aset negara khususnya Barang Milik Negara (BMN) oleh KPKNL Bima. Acara kemudian ditutup dengan sesi kuis dan foto bersama yang diikuti secara antusias oleh peserta Goes to Campus yang hadir

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini