Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bima > Berita
Kemenkeu Mengajar 3 Bima : Satu Hari untuk Anak Negeri
Lalu Mahaelum
Selasa, 30 Oktober 2018   |   309 kali

Bima – Senin, 22 Oktober 2018, Kemenkeu Mengajar 3 (KM 3) secara serempak dilaksanakan di 67 kota/kabupaten di seluruh 34 provinsi di Indonesia. Kegiatan yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Oeang ke 72 ini untuk pertama kalinya diselenggarakan di Kota Bima, tepatnya di SDN 45 Kota Bima.

Kepala KPKNL Bima, Nyoman Heryawan Triana Putra, dan Kepala KPPN Bima, Saprudin, tampak hadir sejak awal dalam pelaksanaan KM3 ini didampingi oleh seluruh jajaran pegawai dari KPKNL Bima, KPPN Bima, dan KPP Pratama Raba Bima yang tergabung dalam Panitia Daerah, Relawan Pengajar, maupun Relawan Dokumentator.

Pelaksanaan kegiatan KM 3 ini sendiri disambut dengan baik oleh pihak SDN 45 Kota Bima, terbukti dengan diberikannya sambutan secara khusus berupa persembahan Tarian Sambutan Tamu Kehormatan “Wura Bongi Monca” yang langsung diperagakan oleh siswi SDN 45 Kota Bima kepada segenap jajaran pegawai Kementerian Keuangan yang berpartisipasi dalam kegiatan KM 3 ini.

Rangkaian kegiatan KM 3 di SDN 45 Kota Bima dimulai dengan upacara bendera, yang dalam amanatnya Kepala SDN 45 menyampaikan apresiasi tinggi kepada seluruh jajaran Kementerian Keuangan atas diselenggarakannya kegiatan KM 3 di SDN 45 Kota Bima, dengan harapan KM 3 dapat menumbuhkan mimpi bagi siswa-siswi SDN 45 Kota Bima sebagai generasi penerus bangsa.

Acara selanjutnya berupa sambutan dari Perwakilan Kementerian Keuangan di Bima, yang diwakili oleh Kepala KPPN Bima, Saprudin. Dalam sambutannya, Kepala KPPN Bima menyampaikan bahwa kegiatan KM 3 ini merupakan bentuk dari kepedulian Kementerian Keuangan kepada pendidikan, khususnya bagi generasi muda penerus bangsa. Dalam sambutannya Kepala KPPN Bima juga berpesan kepada siswa-siswi SDN 45 Kota Bima untuk terus belajar agar dapat menjadi bagian dalam pembangunan negeri tercinta Indonesia.

KM 3 Bima berlangsung dengan meriah selama sehari penuh, yang diikuti oleh seluruh kelas mulai dari kelas 1 sampai dengan kelas 6. Materi umum yang disampaikan oleh para relawan pengajar adalah “Peran Kemenkeu dalam Pembangunan Negeri”, yang tentu disampaikan dengan metode pengajaran pedagogi agar dapat ditangkap oleh siswa-siswi. Pengajaran yang dilakukan pun tidak selalu berupa penjelasan, melainkan banyak diberikan permainan yang di dalamnya disisipkan nilai-nilai dan juga semangat yang diusung dalam Kementerian Keuangan.

Setiap pengajar memiliki cara masing masing dalam menyampaikan materi, ada yang membentuk kelompok-kelompok kecil, ada yang membuat kegiatan di outdoor, dan ada juga yang memutarkan lagu-lagu anak agar lebih semangat. Suasana hari itu di SDN 45 Kota Bima sangat meriah, tampak siswa-siswi sangat antusias dan semangat dalam mengikuti kegiatan ini.

Kegiatan ini diakhiri dengan penyerahan sertifikat kepada SDN 45 Kota Bima sebagai bentuk apresiasi Kementerian Keuangan atas antusiasmenya dalam penyelenggaraan kegiatan Kemenkeu Mengajar 3 Bima ini. Penyerahan Sertifikat Penghargaan kepada Kepala Sekolah SND 45 Kota Bima diwakili oleh kepala KPKNL Bima, Nyoman Heryawan Triana Putra, yang dilanjutkan dengan sesi foto bersama seluruh jajaran KM 3, dengan guru serta siswa-siswi SDN 45 Kota Bima. Teks: Mohammad Amin Rasyidi / Lalu Muhammad Umar Al Faruq, Foto: Hariz Muftie Hidayat

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini