Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bima > Berita
Kemenkeu Mengajar 3 Bima: Dari Kami untuk Negeri
Harun Husin
Kamis, 11 Oktober 2018   |   293 kali

Kemenkeu Mengajar 3 Bima: Dari Kami untuk Negeri

Bima – Senin, 8 Oktober 2018, Kepala KPKNL Bima, Nyoman Heryawan Triana Putra, bersama Kepala KPPN Bima, Sapruddin, menghadiri kegiatan “Training of Trainers dan Briefing Relawan Kemenkeu Mengajar 3 Bima” yang dilaksanakan di Aula KPPN Bima. Kegiatan yang merupakan bagian dari rangkaian persiapan pelaksanaan Kemenkeu Mengajar 3 (KM 3) ini dihadiri juga oleh pejabat eselon IV dan pelaksana Kementerian Keuangan di lingkungan Bima dan Dompu yang turut berpartisipasi sebagai Relawan Pengajar dan Dokumentator.

Acara TOT dan Briefing Relawan KM 3 Bima diawali dengan sambutan dari Koordinator Daerah KM 3 Bima, Mohammad Amin Rasyidi, yang menjelaskan bahwa Kemenkeu Mengajar merupakan kegiatan mengajar selama satu hari di Sekolah Dasar yang akan mengajarkan siswa bagaimana peran Kementerian Keuangan dalam upaya menjaga ekonomi negara, memperkenalkan profesi, nilai-nilai kebaikan, serta semangat yang ada di Kementerian Keuangan.

Di tahun ketiga pelaksanaannya, KM akan diselenggarakan di 76 kota/kabupaten yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia, dan untuk pertama kalinya Kota Bima terpilih untuk menjadi salah satu tempat pelaksanaan KM 3, yang tentu akan menjadi tantangan tersendiri bagi Panitia Daerah KM 3 Bima. Namun demikian, dengan dukungan penuh serta partisipasi aktif dari para Kepala Kantor, Kepala KPKNL Bima, Kepala KPPN Bima, serta Plt. Kepala KPP Pratama Raba Bima yang turut bersedia menjadi relawan pengajar, diharapkan kegiatan KM 3 yang untuk pertama kali diselenggarakan di Bima dapat berjalan dengan lancar.

Selanjutnya Kepala KPPN Bima, Sapruddin, dalam sambutannya berpesan bahwa melalui kegiatan KM 3 Bima ini lah pegawai Kementerian Keuangan, khususnya yang berada di wilayah kerja Bima dan Dompu, dapat memberikan kontribusi nyata bagi dunia pendidikan di lingkungan tempat kita semua bekerja.

Dalam sesi Micro Teaching, Trainer KM 3 Bima, Khairul Juhdy, memberikan pesan kepada semua relawan pengajar bahwa dalam dunia pengajaran anak-anak, pengajar harus bisa menyelami kehidupan anak-anak sehingga apa yang akan disampaikan dapat ditangkap dan memberikan kesan yang mendalam bagi anak-anak.

Dalam sesi ini para relawan pengajar tampak begitu antusias menyimak apa yang disampaikan oleh Trainer. Hal ini nampak dari antusias relawan pengajar ketika diminta untuk mempraktekkan bagaimana cara untuk membuka pengajaran di kelas sehingga dapat menarik minat semua siswa.

Pelaksanaan kegiatan KM 3 nantinya akan digelar secara serempak di seluruh Indonesia pada tanggal 22 Oktober 2018. Sehingga dengan persiapan yang kurang lebih hanya 2 minggu lagi, baik para Relawan maupun Panitia Daerah, diharapkan dapat siap dan secara optimal memberikan kontribusinya bagi dunia pendidikan di hari pelaksanaan nantinya. Dan yang tak kalah penting dengan mengusung semangat sukarela untuk dapat memberikan inspirasi bagi anak-anak untuk terus dapat bermimpi menggapai apa yang dicita-citakannya, sesuai dengan tagline Kemenkeu Mengajar: “Dari Kami untuk Negeri.”

Teks: Mohammad Amin Rasyidi

Foto: Hariz Muftie Hidayat

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini