Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bima > Berita
KPKNL Bima Berpartisipsi dalam Ekspedisi Merah Putih ke Puncak Gunung Tambora
Harun Husin
Senin, 21 Agustus 2017   |   786 kali

Bima- Memperingati Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) yang jatuh pada 10 Agustus 2017 dan menyemarakkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke 72, Balai Taman Nasional Tambora (TNT) Kabupaten Dompu menggelar Ekspedisi Merah Putih di puncak Gunung Tambora dengan melibatkan lebih kurang 100 peserta dari berbagai elemen masyarakat dan instansi pemerintah sebagai mitra kerja Balai TNT.

Dalam event Ekspedisi Merah Putih ini, KPKNL Bima ikut berpartisipasi dalam memeriahkan kegiatan tersebut dengan mengirim perwakilan sebanyak 3 orang pegawai, yaitu Aditya Wahyu Nugroho, Fani Marfullah dan Rudi Hartono.

 

Rangkaian acara kegiatan tersebut  digelar mulai tanggal 15 hingga 18 Agustus 2017 dengan berbagai kegiatan diantaranya pengibaran Bendera Merah Putih sepanjang 7,2 meter di puncak kaldera gunung Tambora pada saat-saat detik  proklamasi tanggal 17 Agustus 2017 di ketinggian 2.851 meter, Kemah Bhakti Konservasi Forum Tambora, Kampanye pelestarian/penanaman Pohon atau tumbuhan endemik Tambora TNT 1.945 batang, serta sosialisasi kepada masyarakat disekitar TNT.

 

Semua rangkaian prosesi kegiatan acara tersebut direncanakan digelar dan  dipusatkan di lapangan bola  Dusun Pancasila, Desa Tambora, Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu.

 

Ketua rombongan dari KPKNL Bima, Aditya Wahyu Nugroho yang akrab di sapa dengan nama panggilan Adit ini mengatakan “Kemah bhakti digelar tanggal 15-16 Agustus di Dusun Pancasila. Semua  peserta akan dikumpulkan di Pos Rimba untuk melaksanakan kegiatan penanaman benih pohon endemik. Kemudian Pagi hari pada tanggal 16 Agustus kampanye pelestarian TNT kepada warga sekitar dan pendakian bersama ke puncak Gunung Tambora dimulai pada jam 11.00 Wita.” ujarnya.

 

Lebih jauh, Adit mengungkapkan bahwa perjalanan ke puncak Gunung Tambora  ditempuh oleh para peserta selama 7 jam dengan istirahat sesaat di beberapa pos yang telah ditentukan.

 

Di puncak kaldera Gunung Tambora, KPKNL Bima berhasil membentangkan 2 spanduk yang berisi ucapan Selamat Hari Konservasi Alam Nasional dan Dirgahayu Republik Indonesia ke-72 serta menyapa Indonesia dalam kegiatan Revaluasi Aset yang akan segera  dilaksanakan.

 

Kegiatan acara tersebut ditutup dengan kegiatan penghijauan di lokasi sekitar Dusun Pancasila

(Penulis/fotografer : Kehumasan / Seksi HI. KPKNL Bima).

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini