Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Biak > Berita
Penggalian Potensi Piutang Negara/Daerah di Kabupaten Biak Numfor
Ari Ma'ruf Faruqi
Selasa, 05 Maret 2024   |   19 kali

Biak (28/2) Kepala Bidang Piutang Negara Kanwil DJKN Papua, Papua Barat, dan Maluku (Papabaruku) Anwar Sulaiman didampingi Staf Pelaksana Jafar bersama Kepala Seksi PIutang Negara KPKNL Biak Bambang Sriwiyono dan Kepala Seksi Hukum dan Informasi KPKNL Biak Ari M. Faruqi melaksanakan penggalian potensi piutang negara di Kabupaten Biak Numfor.

Kegiatan penggalian potensi piutang negara merupakan langkah aktif dari Kanwil DJKN Papabaruku dan KPKNL Biak untuk memberikan edukasi bagi Pemerintah Daerah dan Satuan Kerja untuk melaksanakan pengelolaan piutang secara baik dan akuntabel. Penggalian potensi piutang negara juga penting untuk mencegah adanya piutang macet yang tidak dikelola dengan baik namun juga tidak diserahkan pengurusannya kepada Panitia Urusan Piutang Negara (PUPN).

Selasa (27/2) Tim melaksanakan kunjungan penggalian potensi piutang negara/daerah ke Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Biak Numfor dan diterima langsung oleh Kepala BPKAD Gunadi yang didampingi oleh Kepala Badan Penerimaan Daerah George E. Krey dan Kasubbag Perencanaan Inspektorat Daerah Yohanis M. Malow. Dalam kesempatan tersebut, Anwar Sulaiman menjelaskan tujuan penggalian potensi piutang negara/daerah serta melakukan konfirmasi atas data piutang daerah yang ada pada laporan keuangan Pemda Kabupaten Biak Numfor.

Gunadi, George E. Krey, dan Yohanis M. Malow kemudian secara bergantian menceritakan kondisi piutang daerah yang dimiliki oleh Pemda Kabupaten Biak Numfor serta tantangannya dalam pengelolaan piutang daerah. Diskusi berjalan hangat dan cair, para Pejabat Pemda Kabupaten Biak Numfor tersebut memberikan apresiasi atas inisiatif Kanwil DJKN Papabaruku dan KPKNL Biak dalam membantu Pemda Kabupaten Biak untuk menyelesaikan piutang daerah yang ada.

Keesokan harinya Tim melakukan kunjungan ke dua satker sekaligus. Pertama Tim melakukan penggalian potensi piutang negara ke Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Biak. Tim diterima oleh Kepala Subbagian Tata Usaha KSOP Biak Alwi Rahman beserta staf. Dalam kesempatan tersebut diperoleh konfirmasi atas jenis dan kronologi terjadinya piutang negara yang tercatat di KSOP Biak.

Selanjutnya Tim melakukan kunjungan ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Biak Numfor yang diterima oleh Sekretaris KPUD Kabupaten Biak Numfor Freddy The beserta staf. Piutang Negara yang tercatat dalam laporan keuangan KPUD Kabupaten Biak Numfor selanjutnya akan dikoordinasikan lebih lanjut dengan KPKNL Biak untuk dapat dilakukan penyerahan pengurusan.

Kegiatan penggalian potensi piutang negara dari Kanwil DJKN Papabaruku dan KPKNL Biak ini juga merupakan bagian dari pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (ZI-WBK/WBBM) yang tengah bangun oleh Kanwil DJKN Papabaruku dan KPKNL Biak.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini