Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bengkulu > Kilas Peristiwa
Semangat Sumpah Pemuda Menyatu Dalam Upacara Hari Oeang KE-71
Tsabit Turmudzi
Selasa, 07 November 2017   |   215 kali

Bengkulu -  Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bengkulu berpartisipasi dalam upacara yang diselenggarakan Perwakilan Kementerian Keuangan Republik Indonesia Provinsi Bengkulu, Senin (30/10/2017).

Upacara yang dimulai pukul 07.30 WIB dan berlangsung di halaman Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) ini dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda dan Hari Oeang Republik Indonesia ke-71.  

Upacara ini juga sekaligus sebagai penutup rangkaian kegiatan semarakkan Hari Oeang Republik Indonesia yang dilaksanakan oleh Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Bengkulu. Kegiatan yang digelar diantaranya pekan olahraga, bakti sosial dan jalan sehat.  Ada yang menarik pada Upacara kali ini karena  para Pejabat Eselon II, III, dan IV mengenakan pakaian adat/nusantara yang mencerminkan kebinekaan. Hal ini tidak lepas dengan semangat Sumpah Pemuda yang juga diperingati pada upacara tersebut.

Dalam upacara yang berlangsung hikmad tersebut, Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara (DJPBN) Provinsi Bengkulu Rinardi yang bertindak sebagai Inspektur Upacara menyampaikan sambutan Menteri Keuangan. 

Menteri Keuangan menegaskan penerbitan Oeang Repulik Indonesia atau ORI untuk pertama kalinya pada tanggal 30 Oktober 1946 menjadi momen sejarah yang menjadi bukti bahwa ORI merupakan alat pemersatu bangsa sekaligus sebagai lambang identitas kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia di mata dunia. Kementerian Keuangan harus menjaga komitmen kuat untuk memelihara kepercayaan rakyat dalam memenuhi janji republik dengan pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang kredibel, efektif dan berdaya guna.  Terkait sumpah pemuda, Menteri Keuangan menyatakan semangat sumpah pemuda adalah semangat persatuan yang digelorakan oleh generasi muda untuk berbakti kepada negaranya, bahkan saat negara Indonesia belum dilahirkan.  Seluruh pejabat dan pegawai Kementerian Keuangan harus mampu memaknai peristiwa bersejarah ini dengan bekerja secara disiplin, jujur, profesional dan berintegritas demi Indonesia yang adil, makmur, dan sejahtera.

Pada kesempatan ini juga dilakukan Penerimaan Penghargaan Satyalancana Karya Satya yang langsung disampaikan oleh Inspektur Upacara kepada para penerimanya. Pegawai KPKNL Bengkulu  Devi Afriyanti dan Zaihani termasuk dalam 13 orang pegawai yang menerima Satyalancana Karya Satya. Kedua orang pegawai KPKNL Bengkulu tersebut menerima Satyalancana Karya Satya  20 Tahun. Satyalancana Karya Satya merupakan tanda penghargaan yang diberikan kepada pegawai negeri sipil yang telah berbakti selama 10, 20 atau 30 tahun lebih dan secara terus menerus menunjukkan kecakapan, kedisiplinan, kesetiaan dan pengabdian sehingga dapat dijadikan teladan bagi setiap pegawai lainnya. (Berita : Tsabit Turmudzi, Foto: Jefri) 

 

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini