Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Psikotest Online Untuk Optimalisasi Kinerja Organisasi
Tsabit Turmudzi
Jum'at, 22 September 2017   |   1138 kali

Bengkulu - Tidak seperti biasanya, pada hari Rabu (13/9/2017) ruang rapat KPKNL Bengkulu dipenuhi oleh beberapa laptop dan PC Unit.  Sub Bagian umum sengaja mempersiapkannya untuk menjamin suksesnya kegiatan psikotes online dalam rangka pemetaan pegawai sesuai surat Sekretaris Direktorat Jenderal Kekayaan Negara. Psikotes online bagi seluruh pegawai di lingkungan Kementerian Keuangan ini sebagai tindak lanjut Keputusan Menteri Keuangan Nomor KMK 130/KMK.01/2013 tentang Penataan Pegawai di Lingkungan Kementerian Keuangan.

Penataan pegawai yang dimaksud adalah mewujudkan antara komposisi dan kompetensi pegawai dengan kebutuhan organisasi, dan optimalisasi kinerja organisasi.  Adapun tujuannya  yaitu : 1.  Menyusun peta pegawai berdasarkan kinerja dan kompetensi/potensi;  2. Menyusun program pengembangan SDM yang mendukung peningkatan kinerja dan kompetensi/potensi;  3. Menyusun dan melaksanakan strategi penataan yang meliputi program pengembangan, mutasi, dan promosi untuk meningkatkan kinerja dan kompetensi/potensi; 4. Menyusun dan melaksanakan strategi penataan pegawai berupa pemberhentian dengan kompensasi tertentu untumeningkatkan efektivitas organisasi dengan memastikan pegawai mendapatkan bekal yang layak; 5. Mendistribusi pegawai secara proporsional berdasarkan kebutuhan setiap unit kerja.

Kepala Sub Bagian Umum KPKNL Bengkulu, Indah Sri Wiyanti saat ditemui di ruang kerjanya menyatakan “Ada beberapa kriteria untuk mengikuti kegiatan psikotes online ini, diantaranya CPNS/PNS di lingkungan Kementerian Keuangan dan diutamakan belum pernah mengikuti assessment center.  Lebih lanjut, Indah menambahkan “Untuk psikotes online kali ini, ada sembilan pegawai KPKNL Bengkulu yang mengikutinya yaitu : Jefri Muslim, Dany Yohanes, Yatinemi Arsih Oktavia, Yudi Eprianto, Mohamad Said Sjamsi, Daryanto, Melvin Indriani, Estu Rofi’ Puspita dan Budi Prasetyo ditambah satu pegawai Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu, Musiran yang kebetulan sedang tugas dinas di KPKNL Bengkulu.

Psikotes online dibagi menjadi empat sesi, masing-masing sesi berlangsung selama 90 menit.  Sesuai jadwal sebagian peserta mengikuti tes pada sesi satu dan sebagian lagi pada sesi tiga dengan didampingi pengawas.  “Bapak Ibu diminta untuk mengerjakan soal secara individual atau masing-masing tidak diperkenakan bekerja sama antar peserta. Kalau ada yang kurang jelas bisa ditanyakan kepada pengawas”, tegas pengawas, Bungsu Teguh Karnadi yang juga menjabat sebagai Kepala Seksi Kepatuhan Internal.  Kegiatan psikotes online ini berjalan dengan lancar dan tertib.  Setelah selesai mengikuti tes salah seorang pegawai KPKNL Bengkulu, Yatinemi Arsih Oktavia merasa lega. “Soal-soal psikotes lebih menekankan kegiatan pekerjaan perkantoran sehari-hari, untuk soal perhitungan hanya beberapa saja” ungkap Bendahara Rutin KPKNL Bengkulu ini.  (Berita / Foto : Tsabit Turmudzi)

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini