KPKNL Batam
Kilas Peristiwa DJKN

Pekan Lelang 110 Tahun

Selasa, 27 Februari 2018   |   0 kali


Peringati 110 Tahun Lelang di Indonesia

KPKNL BATAM GELAR PEKAN LELANG


Dalam rangka memperingati 110 Tahun Lelang di Indonesia, KPKNL Batam gelar Pekan Lelang  mulai tanggal 26 Februari s/d 2 Maret 2018. Pekan lelang dibuka secara resmi di KPKNL Batam, Senin, 26 Februari 2018. Pembukaan ditandai dengan ketukan palu lelang oleh Dedy Christanto, Kasi Informasi dan Hukum selaku Plh Kepala Kantor yang dihadiri oleh seluruh jajaran KPKNL Batam dan para stakeholder lelang.

Acara pekan lelang sendiri akan diisi dengan lelang baik lelang eksekusi maupun lelang sukarela. Berbagai barang akan dilelang dari mulai tas, helm, perkakas, kendaraan, perhiasan, kapal, dan property. Dedy mengajak para hadirin untuk tiap hari datang ke kantor untuk mengikuti lelang  selama sepekan, datang, tawar, dan mudah.

Dalam sambutannya, Dedy menyampaikan sejarah lelang di Indonesia. Lelang di Indonesia ada sejak terbitnya Vendu Reglement Stbl. 189 Tahun 1908 oleh Pemerintah Hindia Belanda. Pada waktu itu, pemerintah hindia belanda menggunakan sistem lelang untuk lelang eksekusi dan barang pindahan Pejabat Hindia Belanda melalui kantor Inspeksi Lelang yang bertanggung jawab kepada Menteri Keuangan (Direktuur van Financient), ujarnya. Walaupun VR sudah berusia 110 Tahun, sampai saat ini masih berlaku dengan beberapa pasal yang sudah dicabut/tidak berlaku lagi. Pembaharuan lelang terus dilakukan oleh DJKN untuk mengikuti perkembangan dan dinamika perekonomian masyarakat. Deregulasi lelang pertama dilakukan tahun 1997 dengan memberikan kesempatan kepada perorangan/badan usaha swasta untuk mendirikan Balai Lelang menyelenggarakan lelang sukarela, sampai saat ini sudah berdiri 100 Balai Lelang yang tersebar di seluruh Indonesia.

Selain melibatkan pihak swasta dalam memasyarakatkan lelang, DJKN juga meluncurkan sistem penawaran lelang melalui internet yang dinamakan e-auction melalui aplikasi berbasis web dengan alamat www.lelangdjkn.kemenkeu.go.id sejak tahun 2014 dan mendapatkan penghargaan TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik 2015 dari Deputi Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) atas inovasi “Meningkatkan Pelaksanaan Lelang yang Efisien, Kompetitif, dan Adil Melalui Pelaksanaan e-Auction”. Khusus KPKNL Batam, dedy menambahkan bahwa KPKNL Batam merupakan KPKNL Pertama yang meluncurkan e-auction corner sebagai tempat untuk edukasi penggunaan e-auction kepada penjual maupun pembeli lelang sejak Juni 2015, tambahnya.

Sebelum mengakhiri sambutan, Dedy menyampaikan terima kasih dan aspirasi kepada stakeholder lelang yang telah membantu suksesnya acara pekan lelang di KPKNL Batam dan meminta kepada para stakeholder baik pemohon lelang maupun pembeli lelang untuk memberikan masukan demi perbaikan pelayanan lelang guna pembangunan KPKNL Batam menuju zona integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) Tahun 2019 dan tak lupa mengundang kembali para stakeholder untuk menghadiri acara puncak Pekan Lelang 110 VR pada hari Rabu, 28 Februari 2018, pungkasnya. Sebelum mengetuk palu sebagai tanda dimulainya Pekan Lelang, Dedy membawakan pantun :

Burung Elang Terbang Tinggi

Mencari Kutu di Punggung Kebo

Lelang telah termodernisasi

E-Auction lelang zaman now

 

Acara dilanjutkan dengan melaksanakan lelang sukarela yang dipandu oleh Dian Subakti dan mengunjungi stand-stand yang ikut meramaikan pekan lelang  dan testimoni 110 tahun Lelang oleh para stakeholder. 

(Foto+Narasi : Buby, Editor : Dedy Chris)

Penulis : DEDY CHRISTANTO
Tanggal ditulis : Selasa, 27 Februari 2018
Terakhir diedit : Rabu, 28 Februari 2018
Foto Terkait Kilas Peristiwa
Pengumuman
PEKAN LELANG 110 TAHUN
Senin, 26 Februari 2018
Kontak
Jl. Engku Putri (depan Gedung Pusat Informasi Haji) Batam Center - Batam 29444
(0778) 469824 - 469825
(0778) 469810
kpknlbatam@kemenkeu.go.id