Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Batam > Berita
KPKNL Batam Tabuh Genderang Revaluasi BMN 2018
Dedy Christanto
Rabu, 31 Januari 2018   |   298 kali

Batam - KPKNL Batam telah menabuh genderang Revaluasi BMN 2018 pada Selasa (30/01/2018). Ditandai dengan digelarnya acara Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Revaluasi BMN 2018 bertempat di Aula BPKP Propinsi Kepulauan Riau. Acara yang diikuti 69 satker di lingkungan wilker Propinsi Kepulauan Riau ini merupakan kali kedua setelah sebelumnya diadakan kegiatan yang sama di bulan Agustus 2017.

Acara dibuka oleh Kepala Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara Kanwil DJKN Riau, Sumbar, dan Kepri, Rahmad Effendy. Dalam sambutannya, Rahmat menyampaikan rasa bangga dan terima kasih atas semangat dan kehadiran peserta. Salam Hormat dan Salam Revaluasi dari Kepala KPKNL Batam Rocky Sandhora yang tidak bisa hadir karena harus menghadiri Penandatanganan Kontrak Kinerja di Jakarta, mengawali sambutannya.

Dalam sambutanya, Rahmat menyampaikan bahwa kegiatan revaluasi BMN mempunyai peran dan nilai yang strategis dalam pengelolaan kekayaan Negara diantaranya  untuk menyajikan nilai asset yang wajar sebenarnya dalam Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP). Selain itu Revaluasi BMN diharapkan dapat menghasilkan nilai BMN yang terbaru, basis data BMN yang lebih baik, identifikasi aset menganggur (idle) agar dapat dioptimalkan, dan mendorong penggunaan BMN sebagai underlying asset penerbitan SBSN secara lebih efisien.

Kegiatan revaluasi BMN 2018 ini merupakan kelanjutan revaluasi yang telah dimulai September tahun lalu. Tahun 2017, penyelesaian revaluasi yang dilaksanakan mencapai 97,91% atau sebesar 8.125 NUP dari target sebanyak 8.298 NUP untuk 160 Satker. Sedangkan untuk Tahun 2018, target yang ditetapkan adalah sebanyak  1.638 NUP dari 69 Satker termasuk BMN yang belum selesai direval tahun 2017. Rahmat berharap di Tahun 2018 ini dapat diselesaikan 100% sesuai motto Revaluasi BMN Tuntas (Tepat Waktu dan Berkualitas). Untuk itu, Rahmat berharap kerja sama, sinergi dan koordinasi antara KPKNL Batam dengan satker sebagai pengguna barang lebih ditingkatkan menjadi lebih baik.

Selain itu, Rahmat juga berharap acara yang digelar pagi ini dapat menyatukan komitmen bersama bahwa pekerjaan ini memang tidak mudah. “Tidak ada yang tidak bisa kita kerjakan asalkan semua yang ada di ruangan ini memiliki niat, tekad dan spirit yang kuat,” tegas Rahmat.

“Diperlukan kerja yang tidak biasa-biasa saja tapi harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan kerja keras, kerja militansi. Saya yakin dan percaya semua itu dapat diselesaikan dengan baik dan dengan pertolongan Allah SWT revaluasi BMN akan selesai tepat waktu dan menghasilkan nilai yang valid. Sukses revaluasi BMN adalah sukses kita bersama untuk kejayaan negeri tercinta,” tuturnya lebih lanjut.

Dalam kesempatan tersebut, peserta diberikan pembekalan cara mengisi formulir pendataan obyek revaluasi BMN dan Bimtek Aplikasi SIMAN Fitur revaluasi BMN yang telah dibagi dalam Tim. Masing-masing Tim memberikan bimbingan yang dipandu langsung Kasi Pelayanan Penilaian, Soemarno,  dan Kasi Pengelolaan Kekayaan Negara, Rini Rismayani.

Dalam panduannya, Soemarno dan Rini menyampaikan bahwa revaluasi BMN 2018 ini akan kick off minggu kedua Februari dan selesai pada akhir bulan April 2018. Untuk itu diharapkan dalam minggu ini, satker sudah merampungkan pengisian formulir dan menyerahkan ke masing-masing Tim.

(Naskah : Arif, Foto : Buby, Editor : Dedy Chris

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini