Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Batam > Berita
Perlunya mengenali dan memahami Pengarusutamaan Gender
Dedy Christanto
Jum'at, 19 Mei 2017   |   276 kali

Kegiatan Komunikasi, Informasi dan Edukasi Pengarusutamaan Gender (PUG) Bagi Pejabat/Pegawai Lingkup Satuan Kerja Kementerian Keuangan di Wilayah Kota Batam Tahun 2017


Bagian Perencanaan, Biro Perencanaan dan Keuangan Sekretariat Jenderal (Sekjen)  mengadakan acara Kegiatan Komunikasi, Informasi dan Edukasi Pengarusutamaan Gender (PUG) Bagi Pejabat/Pegawai Lingkup Satuan Kerja Kementerian Keuangan di Wilayah Kota Batam Tahun 2017. Bertempat di aula Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Batam (16/5/2017), lokakarya ini diikuti oleh seluruh Satuan Kerja Kementerian Keuangan di wilayah kota Batam. 

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Maryono Kepala KPPN Batam yang dalam hal ini mewakili Kepala KPKNL Batam yang sedang mengikuti kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Jakarta. Dalam sambutannya, Maryono menyampaikan ucapan terima kasih kepada Biro Perencanaan dan Keuangan Sekjen yang telah bersedia untuk sharing ilmu kepada para Satuan Kerja Kementerian Keuangan di wilayah Kota Batam. “Gender itu bukan berarti emansipasi wanita tetapi bagaimana kesetaraan antara pria dan wanita dan bagaimana peran mereka sebagai pegawai di Kementerian Keuangan, seperti halnya Mutasi dan Promosi Jabatan”, ungkap Maryono. ”Dan untuk memahami itu semua, nantinya akan lebih banyak diulas dan lebih lengkap oleh Tim dari Biro Perencanaan dan Keuangan Sekjen, tambah Maryono. 

Mengakhiri sambutan, Maryono mengharapkan kepada semua peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan semangat dan gembira. Sehingga apa yang diberikan narasumber bisa diserap dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dalam pelaksanaan tugas di kantor. 

Dalam paparannya, Suroso selaku Kepala Bagian Perencanaan sekjen menyampaikan pengertian tentang konsep gender, kerancuan yang ada pada saat ini dalam memahami konsep gender, dan beberapa prasayarat PUG di Kementerian Keuangan Republik Indonesia. “Bahwa sebenarnya gender itu bukanlah perbedaan organ bilogis laki-laki dan perempuan tetapi menyangkut mengenai perbedaan peran, fungsi dan tanggung jawab antara laki-laki dan perempuan sebagai hasil kontruksi social”, Ungkap Suroso. Di mana tujuan dari PUG adalah transformasi dari keadaan tidak setara antara perempuan dan laki – laki dalam hak dan kondisi social, menjadi setara bagi keduanya serta terpenuhinya kebutuhan praktis dan strategis gender. 

Di sesi terakhir, Suroso menyampaikan dengan adanya PUG di Kementerian Keuangan, diharapkan kebijakan dan pelayanan public serta program dan perundang-undangan yang adil dan responsive akan memberikan manfaat yang adil bagi semua perempuan dan laki – laki. (Tim HI KPKNL Batam)


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini