Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Batam > Berita
No Success Without U
N/a
Jum'at, 29 Juli 2016   |   918 kali

Batam - Bagian Kepegawaian Kantor Pusat Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) mengadakan kegiatan Lokakarya Peningkatan Soft Competency  Pegawai DJKN Tahun Anggaran (TA) 2016. Bertempat di aula Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Batam (27/7/2016), lokakarya ini diikuti oleh seluruh pejabat dan pegawai KPKNL Batam dengan narasumber Nailul Hisan dan Saryono dari Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK).

Syukri Asyhadhy, Kepala KPKNL Batam dalam pembukaan lokakarya ini menyampaikan terima kasih kepada fasilitator atas diadakannya lokakarya ini. “Kegiatan ini. sangat positif dalam rangka menindaklajuti misi Kementerian Keuangan dalam melaksanakan Transformasi Kelembagaan di mana salah satunya DJKN diharapkan untuk menjadi revenue center”, ungkap Syukri.

Dan untuk mencapai tujuan tersebut, pegawai tidak hanya memerlukan hard competency tetapi juga soft competency bagaimana pegawai mengelola proses pekerjaan dan membangun hubungan dengan orang lain. “Hard competency yang dimiliki pegawai KPKNL Batam sudah cukup baik, namun ke depannya peningkatan dari sisi skill dan pengetahuan saja tidak cukup, karena banyak pegawai yang pandai dalam bekerja sedangkan soft competency atau perilakunya masih kurang”, tambah Syukri.

Mengakhiri sambutan, Syukri mengharapkan kepada semua pegawai dapat mengikuti lokakarya ini dengan semangat dan gembira. Sehingga apa yang diberikan fasilitator bisa diserap dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dalam pelaksanaan tugas di kantor.

Lokakarya ini dimulai dengan teriakan “Semangat pagi…!!!”, “Apa kabar….???” dari fasilitator dan diikuti teriakan “Pagi…!!! Pagi…!!! Pagi….!!!” dari semua pegawai KPKNL Batam. Selanjutnya fasilitator memberikan materi dengan tema “Pribadi Unggul Pengisi Kota Impian”. Di mana kota impian diibaratkan sebagai visi DJKN yaitu menjadi pengelola kekayaan negara yang profesional dan akuntabel untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.

Dan untuk menggapai ke kota impian yang indah dan nyaman diperlukan karakter unggul atau titik-titik persinggahan yaitu Integritas, Komunikasi, Etiket Kerja, Motivasi dan Team Work.  Selain itu, fasilitator mengajak pegawai untuk bermain bersama melalui games di setiap titik persinggahan dan mendiskusikan debrief dari permainan tersebut.

Di sesi terakhir, pegawai diberikan tugas untuk menyusun puzzle yang jika dirangkai akan bertuliskan DJKN Revenue Center dari boarding pass yang telah diberikan di setiap permainan. Fasilitator mengibaratkan kata “Success” jika huruf “u”nya dihilangkan maka akan sulit untuk mengejanya. Oleh karena itu kesuksesan suatu organisasi tidak akan tercapai tanpa “u” yaitu pribadi – pribadi yang unggul, baik dari skill maupun soft competency-nya. No Success Without U. (Tim HI KPKNL Batam)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini