Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Safari Pengembalian BKPN (Menuju Zero Outstanding 2014)
N/a
Rabu, 19 Maret 2014   |   982 kali

Menindaklanjuti Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 77/PUU-IX/2011 dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor : 168/PMK.06/2013 tentang Tata Cara Pengembalian Pengurusan Piutang yang berasal dari Penyerahan BUMN/D, KPKNL Banjarmasin pada hari Kamis tanggal 13 Maret 2014 melakukan safari pengembalian BKPN yang dilakukan secara marathon atas  4 (empat) penyerah piutang yang berlokasi di Kota Banjarmasin dan Banjarbaru. Para penyerah piutang tersebut adalah PT BNI Syariah Banjarmasin, PT Angkasa Pura Banjarbaru, PT Sucofindo Banjarmasin dan PT Telkom Witel Kalsel. Kegiatan pengembalian BKPN tersebut dilaksanakan secara langsung oleh Rocky Sandhora selaku Kepala KPKNL Banjarmasin dan Adi Suharna selaku Kepala Seksi Piutang Negara beserta staf.


Penyerahan kembali pertama kali dilakukan di Kantor PT. BNI Syariah Banjarmasin dan disambut oleh Operational Manager  BNI Syariah Banjarmasin, Iwan Saruji. Jumlah berkas yang dikembalikan pada BNI Syariah Banjarmasin berjumlah 5 (lima) BKPN dengan nilai saldo piutang sebesar Rp4.312.812.962,- . Setelah itu tim bergerak menuju PT. Angkasa Pura Banjarbaru dan diterima langsung oleh General Manager PT. Angkasa Pura Banjarbaru, Akhmad Munir dengan jumlah BKPN yang dikembalikan sebanyak  9 (Sembilan) BKPN dengan saldo sebesar Rp545.021.895,- . Setelah beristirahat tim kembali bergerak menuju PT. Sucofindo Banjarmasin dan disambut oleh Joseph Yudianto selaku Pimpinan Cabang PT. Sucofindo Banjarmasin. Jumlah BKPN yang dikembalikan sebanyak 7 (tujuh) berkas dengan nilai saldo sebesar Rp21.400.000.- . Masih di hari yang sama dengan tetap bersemangat, tim KPKNL Banjarmasin di bawah pimpinan Kepala Kantor langsung menuju kantor PT Telkom Witel Kalsel untuk melaksanakan pengembalian BKPN penyerahan PT Telkom Witel Kalsel. Dalam kesempatan tersebut Rocky Sandhora selaku Kepala KPKNL Banjarmasin dan M. Amanuddin selaku General Manager PT. Telkom Witel Kalimantan Selatan melakukan serah terima pengembalian berkas sebanyak 544  BKPN dengan nilai saldo sebesar Rp. 1.955.912.745,-.  Sementara pada tanggal 17 Maret 2014 tim KPKNL Banjarmasin melaksanakan serah terima berkas sebanyak 3 (tiga) BKPN senilai Rp.43.656.950 yang diwakili oleh Rocky Sandhora selaku Kepala KPKNL Banjarmasin dan M. Ikhsan, selaku Pimpinan Cabang BTN Banjarmasin.


Dalam setiap sambutannya Kepala KPKNL menyatakan bahwa proses pengembalian ini telah disiapkan sudah cukup lama didahului dengan kegiatan inventarisasi dan verifikasi BKPN, selanjutnya dilakukan rekonsiliasi terhadap jumlah BKPN maupun outstanding masing-masing BKPN dan terakhir dilakukan penandatanganan Berita Acara Serah Terima. Setelah BKPN dikembalikan kepada Penyerah Piutang, maka kewenangan pengurusan sepenuhnya berada ditangan Penyerah Piutang melalui mekanisme penyelesaian secara korporasi berdasarkan peraturan yang ada di BUMN. Selanjutnya disampaikan pula oleh Rocky Sandhora bahwa KPKNL masih siap memberikan informasi apabila dibutuhkan oleh Penyerah Piutang pasca pengembalian ini, dengan dikembalikan BKPN Kepala KPKNL berharap agar sinergi yang sudah terjalin baik selama ini tetap berlangsung dengan baik, karena masih ada kegiatan-kegiatan lain yang bersentuhan dengan KPKNL seperti pelayanan lelang Hak Tanggungan.


Terakhir Kepala KPKNL Banjarmasin menyampaikan ucapan terima kasih atas kerjasama yang baik selama ini dan sekaligus meminta maaf apabila pengurusan Piutang Negara yang dilakukan oleh KPKNL Banjarmasin belum optimal.


Pimpinan Penyerah Piutang dalam setiap sambutannya juga menyampaikan ucapan terimakasih atas upaya-upaya yang telah dilaksanakan oleh KPKNL Banjarmasin dalam melakukan penagihan, ini terlihat dari jumlah pengurangan jumlah outstanding hutang saat ini dibandingkan dengan jumlah pada saat awal penyerahan piutang.


Dengan adanya pengembalian sejumlah total 568 BKPN ini berarti KPKNL Banjarmasin telah mencapai sekitar 50% dari target jumlah BKPN yang dapat diselesaikan yaitu sebesar 1141 BKPN. Kepala KPKNL Banjarmasin tetap optimis melalui kegiatan ini target pengembalian BKPN BUMN/D dapat tercapai menuju Zero Outstanding 2014. Kegiatan pengembalian BKPN ini juga menjadi cinderamata Kepala Seksi Piutang Negara, Adi Suharna, yang akan segera menempati pos baru sebagai Kepala Seksi PKN di KPKNL Padang Sidempuan.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini