Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
KPKNL Banjarmasin
BERITA UTAMA
Enam belas tahun lalu, tepatnya pada tanggal 1 November 2006, DJKN resmi didirikan. Sudah banyak perubahan dalam internal organisasi yang dialami DJKN hingga tahun 2022. Pada momentum Hari Kekayaan Negara ini, diharapkan DJKN dapat tumbuh menjadi organisa
Info lelang.go.id
Profil KPKNL Banjarmasin


Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Banjarmasin atau KPKNL Banjarmasin  merupakan kantor vertikal dari Unit Eselon I Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) yang berada di wilayah kerja Kantor Wilayah DJKN Kalimantan Selatan dan Tengah.  Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 154/PMK.01/2021 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, KPKNL Banjarmasin memiliki tugas melaksanakan pelayanan di bidang kekayaan negara, penilaian, piutang negara, dan lelang dengan fungsi yang meliputi :

a. inventarisasi, pengadministrasian, pendayagunaan, dan pengamanan kekayaan negara;

b. registrasi, verifikasi dan analisa pertimbangan permohonan pengalihan serta penghapusan kekayaan negara;

c. pelaksanaan pengurusan piutang negara dan kewenangan Panitia Urusan Piutang Negara;

d. pelaksanaan bimbingan teknis, pembinaan, penatausahaan, penagihan optimalisasi dalam rangka pengelolaan piutang negara;

e. pelaksanaan pelayanan penilaian;

f. pelaksanaan pelayanan lelang;

g. penyajian informasi di bidang kekayaan negara, penilaian, dan lelang

h. pelaksanaan pemberian pertimbangan dan advokasi pengurusan piutang negara dan lelang;

i. verifikasi dan pembukuan penerimaan pembayaran piutang negara dan hasil lelang, dan;

j. pelaksanaan administrasi KPKNL.

KPKNL Banjamasin beralamat di Jalan Pramuka No. 7 Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, dengan wilayah kerja di seluruh Provinsi Kalimantan Selatan yang meliputi 2 (dua) Kota dan 11 (sebelas) Kabupaten yang terdiri dari  Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Balangan, Kabupaten Banjar, Kabupaten Barito Kuala, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kabupaten Kotabaru, Kabupaten Tabalong, Kabupaten Tanah Bumbu, Kabupaten Tanah Laut, dan Kabupaten Tapin. Sehingga KPKNL Banjarmasin dapat dikategorikan ke dalam salah satu KPKNL dengan beban kerja cukup berat di Indonesia.
Selama tahun 2021, KPKNL Banjarmasin telah melaksanakan berbagai program dan kegiatan sebagaimana tertuang dalam peta strategis DJKN Tahun 2021 yang diterjemahkan dalam Kontrak Kinerja KPKNL Banjarmasin Tahun 2021 yang terdiri dari 10 Sasaran Strategis (SS) dan sebanyak 21 (dua puluh satu) Indikator Kinerja Utama (IKU). Berdasarkan laporan capaian kinerja tahun 2021, diperoleh Nilai Kinerja Organisasi (NKO) KPKNL Banjarmasin sebesar 112,75%.Pencapaian tersebut merupakan bentuk komitmen KPKNL Banjarmasin dalam melayani stakeholder. Hal tersebut tercermin dalam survey kepuasan pengguna layanan KPKNL Banjarmasin dengan indeks kepuasan sebesar 4,77 dari target 4,5 (dalam skala 5).  Dalam mencapai tujuan dan sasaran yang dilakukan, KPKNL Banjarmasin didukung oleh sumber daya manusia berjumlah 32 orang yang kompeten yaitu SDM yang memiliki kualitas kepemimpinan yang kuat, kompetensi teknis yang mumpuni, serta tingkah laku yang sesuai dengan nilai-nilai organisasi.
KPKNL Banjarmasin selalu berupaya meningkatkan kualitas pemahaman para pengguna layanan agar lebih memahami dan patuh terhadap peraturan yang dikeluarkan oleh DJKN sekaligus untuk lebih mengenalkan instansi DJKN kepada masyarakat di wilayah kerja KPKNL Banjarmasin. Ini dibuktikan dengan target IKU tingkat efektifitas edukasi dan komunikasi tahun 2021 sebesar 88,50 dengan indeks kepuasan sangat memuaskan. Realisasi yang berhasil dicapai adalah 94,22 atau 106,46. Dalam rangka peningkatan pelayanan kepada Masyarakat/Stakeholder, KPKNL Banjarmasin membuka salauran untuk menyampaikan keluhan/pengaduan melalui:

1. Instagram, @kpknlbanjarmasin,

2. Facebook, KPKNL Banjarmasin,

3. Twitter, @kpknl_bmasin,

4. Website, www.djkn.kemenkeu.go.id\kpknl-banjarmasin.



Wilayah Kerja
Kota Banjarmasin
Kota Banjarbaru
Kabupaten Banjar
Kabupaten Barito Kuala
Kabupaten Balangan
Kabupaten Hulu Sungai Selatan
Kabupaten Hulu Sungai Tengah
Kabupaten Hulu Sungai Utara
Kabupaten Kotabaru
Kabupaten Tabalong
Kabupaten Tanah Bumbu
Kabupaten Tanah Laut
Kabupaten Tapin
Prestasi KPKNL Banjarmasin
Juara I The Best Asset Manager KOIN 2020
17 Besar Peserta Kedai Lelang 2021
Kantor Berpredikat ZI WBK Tahun 2021
KPPN Banjarmasin Awards 2021 : Kategori Pelaksanaan Anggaran Terbaik Pertama (Pagu Kecil) TA 2021
Juara II Penyusunan Laporan Keuangan Semester I Tahun 2022 (Satker Pagu Kecil)
Peta Lokasi KPKNL Banjarmasin
Alamat Kantor
Jl. Pramuka No. 7 Banjarmasin - 70249
(0511) 4281286
(0511) 4281261
kpknlbanjarmasin@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini