Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Pagi Ceria : Analisis Kepuasan Konsumen Aplikasi Lelang Indonesia dengan Penerapan E-SERVQUAL
Satria Rahman
Rabu, 05 Juli 2023   |   60 kali
Selasa (4/7), KPKNL Banjarmasin menyelenggarakan kegiatan Pagi Ceria diikuti oleh pegawai-pegawai KPKNL Banjarmasin yang berlangsung secara luring bertempat di Aula KPKNL Banjarmasin. Kegiatan dibuka oleh Kasubbag Umum, Agus Eko Putro disertai dengan menyampaikan yel-yel Pagi Ceria yang diikuti pegawai-pegawai KPKNL Banjarmasin.

Kemudian, dilanjutkan dengan pembacaan maklumat pelayanan yang diikuti oleh pegawai-pegawai KPKNL Banjarmasin dan penyampaian materi oleh Pelaksana Seksi Hukum dan Informasi, Satria Rahman mengenai "Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Aplikasi Jasa Lelang Indonesia dengan menerapkan dimensi-dimensi dari e-SERVQUAL". Dalam pemaparan tersebut, penyaji materi menyampaikan mengenai pentingnya kualitas jasa apapun khususnya bagi Aplikasi Lelang Indonesia. Hal itu disebabkan karena tingkat kepuasan konsumen sebagai pengguna jasa turut ditentukan oleh kualitas jasa yang diberikan. Peran WOM yang merupakan singkatan dari word of mouth dalam dunia pemasaran akan menentukan konsumen untuk memberikan informasi positif atau sebaliknya kepada lawan komunikasinya. Sehingga kepuasan konsumen harus selalu dijaga melalui peningkatakan kualitas pelayanan jasa tidak terkecuali jasa yang operasionalnya melalui aplikasi.

Dalam analisis tersebut, penyaji materi menggunakan data yang diperoleh dari ulasan-ulasan yang tersedia pada Aplikasi Google Play Store. Data tersebut kemudian diolah dengan menggunakan tool bahasa python dan platform analisis data Google Colab. Data yang berbentuk teks tersebut diproses hingga ditemukan kata-kata unik yang memiliki frekuensi kemunculan tertinggi. Hasil dari proses tersebut dikaitkan dengan tujuh dimensi dari model e-SERVQUAL yakni efisiensi, reliabilitas, penyelesaian, privasi, daya tanggap, kompensasi, dan kontak. 

Selain itu, pada kesempatan pagi ceria ini, juga dibahas mengenai WBBM oleh koordintor WBBM, Wahid Romahdon dan Seksi Kepatuhan Internal. Kemudian kegiatan ditutup dengan doa bersama oleh Kepala Seksi Kepatuhan Internal, Sigit Bayuadhi.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini