Rabu, 29/01/2020 KPKNL
Banjarmasin bekerja sama dengan PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Pangeran
Samudera Banjarmasin mengadakan In House
Training “Pelayanan Prima” untuk seluruh pejabat dan pegawai di Aula KPKNL
Banjarmasin.
Kegiatan ini merupakan salah
satu upaya KPKNL Banjarmasin dalam meningkatkan kompetensi pegawai sehingga
dapat memberikan pelayanan prima kepada para stakeholder dan juga sebagai bentuk persiapan KPKNL Banjarmasin
untuk membangun Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi/ Wilayah Birokrasi
Bersih dan Melayani (WBK/WBBM).
Kepala KPKNL Banjarmasin,
Sugeng Harijadi dalam sambutannya menyampaikan pelayanan di KPKNL Banjarmasin
harus terus ditingkatkan sehingga stakeholder
akan merasa puas dengan layanan yang kita berikan. Hal ini merupakan salah satu
wujud implementasi dari nilai-nilai Kementerian Keuangan di lingkungan KPKNL
Banjarmasin. Adanya In House Training ini
diharapkan pegawai KPKNL Banjarmasin dapat
menyerap ilmu dari narasumber dan mengaplikasikannya.
Pada kesempatan ini PT. Bank
Rakyat Indonesia menyampaikan materi tentang Service Excellence. Menurut Olive yang merupakan narasumber dari
Bank BRI, Service Excellence adalah pelayanan yang
memenuhi standar kualitas yang sesuai dengan harapan dan kepuasan customer. Sehingga jika kita
menginginkan cutomer puas maka harus
ada nilai lebih yang kita berikan, misalkan ada percepatan layanan dari standar
waktu layanan yang sudah ditetapkan asalkan percepatan layanan ini masih sesuai
dengan prosedur yang ada. Hal seperti ini akan menjadi nilai tambah di mata customer. Selain itu dalam memberikan
pelayanan harus diperhatikan juga penampilan dan sikap pegawai seperti tidak
lupa melakukan 3 S yaitu Senyum, Sapa dan Salam.
Untuk mempraktekkan materi
yang dijelaskan oleh narasumber, maka
acara dilanjutkan dengan role play
yang diperagakan oleh pegawai KPKNL Banjarmasin. Nining Nur Taslimah sebagai
petugas front office, Bayu Luthfi
sebagai stakeholder dan Sugiannor sebagai
Security. Role play dimulai dari tamu datang ke KPKNL Banjarmasin, dan
disambut oleh Security dengan
membukakan pintu dan mengarahkan ke meja front
office. Nining memperagakan bagaimana bersikap yang baik dalam menghadapi stakeholder.
Diharapkan setelah selesai
mengikuti In House Training pegawai
KPKNL Banjarmasin mendapatkan modal ilmu pengetahuan untuk memberikan pelayanan
yang prima kepada stakeholder.