Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
ASISTENSI PERENCANAAN KEBUTUHAN BMN, KPKNL BANJARMASIN HADIRI RAPAT SINKRONISASI PROGRAM PADA BBPPKS REGIONAL IV KALIMANTAN
Deni Atif Hidayat
Kamis, 22 November 2018   |   239 kali

If you fail to plan, you are planning to fail

Demikian ungkapan yang dipopulerkan oleh Benjamin Franklin yang menggambarkan betapa pentingnya perencanaan dalam suatu proses mencapai tujuan. Ungkapan ini dihayati oleh segenap pegawai di lingkungan Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Regional IV Kalimantan sebagai bentuk upaya peningkatan kinerja dalam memberikan pelayanan kepada stakeholder.

Dalam rangka menyusun perencanaan yang matang menyongsong tahun anggaran 2019, BBPPKS Regional IV Kalimantan mengadakan  kegiatan Rapat Sinkronisasi Program, Kegiatan Dan Anggaran Rencana Tahun yang dihelat selama 3  hari, dimulai tanggal 12 sampai dengan 14 November 2018 bertempat di Hotel Novotel Banjarbaru.

Tujuan dari kegiatan ini adalah mendapatkan pemahaman yang komprehensif terkait pelaksanaan, pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan Negara, dimana pengelolaan BMN merupakan bagian integral dari keuangan Negara. Kegiatan sinkronisasi diharapkan mampu menjembatani antara bagian teknis yang menyusun rencana kerja dan bagian tata usaha yang menyusun RKA-K/L dan RKBMN

Tidak tanggung-tanggung, BBPPKS Regional IV Kalimantan menghadirkan empat orang narasumber pada kegiatan tersebut. Kanwil BPN Provinsi Kalimantan Selatan memberikan materi terkait pengadaan tanah pemerintah sehubungan rencana perluasan lahan pada tahun 2019. Kanwil DJPB Provinsi Kalimantan Selatan memberikan materi terkait penyusunan RKA-K/L dan strategi optimalisasi pelaksanaan anggaran. Selanjutnya KPP Pratama Banjarmasin memberikan materi perpajakan terkait pelaksanaan APBN.  Pada kesempatan ini KPKNL Banjarmasin diminta untuk memberikan materi terkait penerapan Perencanaan Kebutuhan BMN (RKBMN). “kami menyadari banyak sekali kelemahan dalam pelaksanaan anggaran pada tahun ini, oleh karena itu kami mohon asistensi dari para narasumber agar pelaksanaan anggaran tahun depan menjadi lebih baik” demikian disampaikan Radna Dewi Sartika, Kepala Bidang Program dan Evaluasi sekaligus Pejabat Pembuat Komitmen pada BBPPKS Regional IV Kalimantan.

Arie Nugroho, pemateri dari KPKNL Banjarmasin memberikan materi terkait RKBMN, dimulai dari pengenalan BMN, siklus BMN, integrasi RKA K/L dan RKBMN, Standar Barang dan Standar Kebutuhan, hingga penggunaan Mata Anggaran Keluaran (MAK) Belanja yang tepat dalam penyusunan rencana pengadaan dan pemeliharaan BMN. Tidak ketinggalan peserta juga dibekali dengan sesi simulasi penyusunan RKBMN yang dihubungkan dengan RKA-K/L. (teks/foto: Arie Nugroho)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini