KPKNL Banjarmasin
Berita DJKN

Insan DJKN Harus Mampu Lihat Potensi Aset agar Membererikan Revenue yang Baik

Senin, 09 April 2018   |   353 kali

Banjarmasin – Insan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) harus mampu melihat potensi-potensi dari aset yang ada di bawah pengelolaan DJKN, agar aset tersebut memberikan revenue yang cukup baik. Pengelolaan aset negara yang tertib akan mampu menambah income untuk negara. Hal ini ditegaskan Direktur Jenderal Kekayaan Negara Isa Rachmatarwata saat melakukan kunjungan ke Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Banjarmasin bersama Sekretaris DJKN Dodi Iskandar pada Jumat, (6/4).


Kunjungan ini diawali dengan Jogging dari Hotel Golden Tulip bersama-sama dengan Kepala Kanwil DJKN Kalimantan Selatan dan Tengah Joko Prihanto, Kepala KPKNL Banjarmasin Abdul Malik, Kepala Bagian Umum, Kepala Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara, Kepala Bidang Penilaian Kanwil DJKN Kalimantan Selatan dan Tengah dan para kepala seksi di KPKNL Banjarmasin menuju Siring Menara Pandang sampai Nol KM dilanjutkan menuju objek reval dan penilaian yaitu jembatan barito.


Dirjen Kekayaan Negara mengatakan seharusnya manusia Indonesia bukan orang yang harus atau terpaksa bekerja keras terus menerus sepanjang tahun. “Seharusnya aset kitalah yang bekerja keras untuk kita,” ucap Isa yang membangkitkan semangat juang.

 Selaras dengan harapan Menteri Keuangan, Isa mendorong agar insan DJKN jangan berpuas diri dengan capaian kinerja yang telah melampaui target. Bisa jadi target yang ditetapkan belum maksimal, masih jauh di bawah kapasitas yang sebenarnya dimiliki. “Kalau kita mampu berjalan dua langkah, mengapa kita harus berpuas diri dengan satu langkah yang telah kita lakukan,” ungkapnya di hadapan pegawai DJKN.


Ia menghimbau para pegawai  dalam memahami target kinerja tahunnya bukan hanya sekedar angka yang harus dicapai. Misalnya target piutang negara 1,7 miliar yang dikejar bagaimana cara mencapai angka tersebut dari penyerahan piutang yang baru, melainkan bagaimana cara memperolehnya dari piutang yang dulu belum tertagih, dan bahkan kalau bisa agar diusahakan bagaimana caranya agar piutang-piutang macet dari para penyerah piutang tersebut dapat diselesaikan sendiri oleh mereka sendiri tanpa harus diserahkan ke KPKNL.


Selain itu, dirinya juga menghimbau agar lelang bisa menjadi transaksi yang handal dan tepercaya, bukan hanya sekedar frekuensi lelangnya yang banyak, tetapi persentase lelangnya yang laku.

Ia juga menekankan untuk bekerja secara efektif, mulai memikirkan cara-cara yang sekarang belum terlaksanakan. Bahkan ke depannya Isa berharap DJKN cukup sebagai konsultan dan pengawas dalam pengelolaan kekayaan negara, mampu membangun rekan sejawat penilai di pemerintah daerah, melakukan pembinaan kepada stakeholder untuk menyelesaikan sendiri pengurusan puitang negaranya.

Sebagai penutup acara tersebut, Dirjen Kayaan Negara menyampaikan dua bait pantun sebagai bentuk apresiasi kepada para pegawai.

Banjarmasin kota seribu sungai

Ikan haruan menjadi hidangan andalan

Ulun datang tidak untuk dibuai

Dengan kinerja pian yang asal-asalan


Tepian sungai martapura sungguh rindang

Jalan-jalan pagi menghirup udara segar

KPKNL Banjarmasin terus berkinerja nendang

integritas terjaga, semangat berkobar


Kepala Kanwil DJKN Kalimantan Selatan dan Tengah Joko Prihanto menyampaikan rasa terimakasihnya atas kunjungan Direktur Jenderal Kekayaan Negara di tengah-tengah kesibukannya. Kunjungan tersebut akan memberikan arti tersendiri untuk para pegawai di lingkungan KPKNL Banjarmasin.

 

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Pramuka No. 7 Banjarmasin - 70249
(0511) 4281286
(0511) 4281261
kpknlbanjarmasin@kemenkeu.go.id