Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bandung > Artikel
Filosofi Kemerdekaan Indonesia Ke-77
Nining Nur Taslimah
Senin, 22 Agustus 2022   |   11816 kali

Tak terasa kemerdekaan Indonesia sudah berjalan selama 77 tahun, setelah diproklamirkan pada tanggal 17 Agustus 1945. Perjalanan yang ditempuh untuk sampai dititik kemerdekaan yang sekarang tentu tidak mudah, perjuangan pahlawan bangsa  sampai titik darah penghabisan telah dilakukan hingga bisa seperti sekarang.

HUT RI ke-77 Tahun mengusung tema “ Pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat”. Hal tersebut menggambarkan perjuangan bangsa Indonesia dalam melawan pandemi Covid-19 (corona virus disease 2019) selama kurang lebih 2 tahun kebelakang Tahun ini juga menjadi momentum untuk pertama kali setelah adanya pandemi covid-19 upacara kemerdekaan diselenggarakan secara luring dari berbagai tempat.

Pandemi covid-19 menjadi momen dimana Indonesia harus menghadapi tantangan dan ujian seperti kecemasan sosial, tekanan ekonomi yang nyaris melumpuhkan masyarakat, bahkan sampai sektor kesehatan yang sempat kewalahan dalam menghadapi covid varian delta. Namun, dibalik keterpurukan tersebut, semua elemen masyarakat diharapkan dapat terus bergerak bersama dan bergotong royong agar impian bersama terwujud.

Harapan ini tidak hanya digambarkan melalui tema saja, tapi juga melalui logo yang memiliki 7 makna filosofis, yaitu:

1.    Percepatan dan Pergerakan

Bentuk angka 77 menyerupai 2 panah ke atas yang melambangkan gerak cepat dalam memperbaiki kondisi Indonesia pasca pandemi. Hal tersebut seirama dengan program percepatan pelaksanaan tugas yang sedang digaungkan oleh kementerian/lembaga pemerintahan.

2.    Progres Pembangunan

Dua garis datar membentuk tangga yang mengarah ke atas melambangkan progress dalam pembangunan segala sektor di Indonesia.

3.    Demokrasi dan Keterbukaan

Bagian atas logo yang terpotong melambangkan keterbukaan bangsa Indonesia dalam perannya di tingkat global untuk bebas aktif bergerak dalam pemulihan bersama.

4.    Semangat Juang Garuda Pancasila

Garis miring dan sudut runcing pada logo terinspirasi dari bambu runcing dan kepala garuda,  melambangkan semangat pejuang.

5.    Sinergi dan Harapan

Dua garis melengkung melambangkan sinergi pemerintah dan masyarakat dalam gotong royong dan bergerak berdampingan secara fleksibel dan dinamis .

6.    Penghubung Antar Bangsa

Sudut penghubung pada logo melambangkan peran Indonesia dalam forum G20 dalam mempersatukan suara negara-negara maju untuk kontribusi menyelesaikan isu dan tantangan global.

7.    Persatuan Indonesia

Siluet angka 1 melambangkan semangat Bhinneka Tunggal Ika. Di Kementerian Keuangan mulai mengusung semangat keselarasan dan sinergi antar unit eselon 1 dengan mengambil tagline Kemenkeu Satu, Kemenkeu Tepercaya.

Makna yang filosofis ini diharapkan dapat diimani oleh semua lini, sekaligus memunculkan sinergi antara masyarakat dan pemerintah dalam mencapai percepatan pemulihan kondisi di semua sektor dan siap untuk kembali bangkit.

Penulis : Tim Seksi Hukum dan Informasi


Sumber

(1) Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara tentang Pedoman Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022

(2) Pedoman Identitas Visual 77 Tahun Kemerdekaan Indonesia, Sekretariat Negara

(3) https://lldikti13.kemdikbud.go.id/2022/08/01/filosofi-dan-visualisasi-logo-hut-ke-77-tahun-kemerdekaan-republik-indonesia/

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini