KPKNL Bandung
Profil KPKNL Bandung

Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bandung merupakan unit vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) di bawah Kantor Wilayah (Kanwil) DJKN Jawa Barat. Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 170/PMK.01/2012 tanggal 6 November 2012  tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara,  KPKNL mempunyai tugas dan fungsi melaksanakan pelayanan di bidang kekayaan negara, penilaian, piutang negara dan lelang.

Sebagai unit vertikal di bawah DJKN, KPKNL Bandung selalu berupaya untuk mewujudkan visi DJKN dan menjalankan misi DJKN, dengan meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa/stakeholders dan berpedoman  pada nilai-nilai kementerian keuangan yaitu Integritas, Profesionalisme, Sinergi, Pelayanan dan Kesempumaan.

 

Pada tahun 2010, KPKNL ditetapkan menjadi KPKNL Teladan. Penetapan sebagai KPKNL teladan merupakan kali pertama dalam sejarah DJKN. Ini merupakan kepercayaan dan amanah yang harus diemban KPKNL Bandung dalam menjalankan misi DJKN.

Jika diihat dari visi DJKN, maka pelayanan yang diberikan KPKNL Bandung sangat beragam, begitu pula pengguna jasa yang dilayani. Untuk itu, dalam pelayanan KPKNL Bandung mempunyai motto SPARTAN, yang merupakan singkatan dari: Santun,  Profesional,  Amanah, Respek, Transparan, Aman, dan Nyaman.

Santun, berarti semua pegawai KPKNL Bandung bersikap sopan dan ramah dalam memberikan pelayanan kepada semua pengguna jasa. Profesional, berarti pelayanan yang diberikan KPKNL Bandung dilakukan berdasarkan Standar Operasi Pelayanan (SOP) yang telah ditentukan. Amanah, berarti pelayanan yang diberikan KPKNL Bandung dilakukan dengan ikhlas sesuai amanah pegawai negeri sipil sebagai pelayan masyarakat. Respek, berarti semua pegawai KPKNL Bandung selalu tanggap terhadap keluhan, keinginan maupun saran pengguna jasa. Transparan, berarti seluruh pelayanan yang diberikan dilakukan sesuai SOP dan memiliki dasar hukum. Seluruh tahap dan biaya pelayanan dapat diketahui oleh Pengguna Jasa, melalui brosur, pamflet maupun petunjuk lain yang ditaruh di area pelayanan terpadu. Aman, pelayanan yang diberikan KPKNL Bandung derdasarkan SOP dan ketentuan yang ada, sehingga memberikan kepastian hukum dan rasa aman kepada pengguna jasa. Nyaman, KPKNL Bandung memberikan kenyamanan penggunan jasa dalam mendapatkan pelayanan, seperti ketepatan waktu pelayanan, fasilitas di KPKNL Bandung, keramahan pegawai kepada pengguna jasa.

Dengan motto tersebut di atas  diharapkan KPKNL Bandung dapat memberikan pelayanan yang optimal.

KPKNL Bandung berada di wilayah kerja Kantor Wilayah DJKN Jawa Barat, dengan wilayah tugas  meliputi : Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi dan Kabupaten Sumedang.

Saat ini KPKNL Bandung  menempati gedung 3 lantai dengan luas tanah 441 m2 dengan luas bangunan 1050 m2, yang terletak di Jalan Ambon No. 1 Bandung. Secara geografis kedudukan KPKNL Bandung sangat strategis, karena terletak di pusat kota yang sejuk di antara lingkungan militer Kodam Siliwangi dan factory outlet-factory outlet sekitar jalan Riau.

Posisi KPKNL Bandung ini memberikan keuntungan tersendiri, karena wilayah kerja yang berada di ibu kota Provinsi Jawa Barat, tidak jauh dari kota Jakarta dan merupakan salah satu kota besar di Indonesia, sehingga mempunyai potensi besar dalam pelayanan lelang, dan Kekayaan Negara. Hal ini berdampak pada potensi untuk meningkatkan penerimaan kas negara.

KPKNL saat ini dipimpin oleh Tedy Syandriadi, seorang pemimpin yang humoris dan dekat dengan pegawai dibawahnya, juga seorang pekerja keras. Sehingga mampu memimpin KPKNL Bandung dengan kondisi kerja yang serius tapi santai. Teddy Syandriadi dalam menahkodai KPKNL Bandung dibantu oleh  7 (tujuh) orang Kepala Seksi (Eselon IV), yaitu Welly Koeswendi (Kepala Seksi Piutang Negara),.Mohamad Akyas (Kepala Seksi Pelayanan Lelang), Rennie Kameswara (Kepala Seksi Penilaian), Ilma Diana Reniwati (Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara), Dwi Nugrohandhini (Kepala Seksi Hukum dan Informasi), Ellyzabeth Meilina Pratiwi (Kepala Seksi Kepatuhan Internal), dan Tantri Dewayani (Kepala Sub Bagian Umum).

 

Salah satu kekuatan KPKNL Bandung saat ini adalah sumber daya manusia yang dimiliki. KPKNL Bandung didukung oleh sebagian besar pegawai-pegawai hasil seleksi pegawai untuk kantor teladan tahun 2009. Jumlah pegawai  KPKNL Bandung saat ini sebanyak 37 (tiga puluh tujuh) orang. Dengan kompetensi pegawai yang mumpuni, sangat mempengaruhi pelayanan yang diberikan KPKNL Bandung. Pelayanan yang diberikan seluruh pegawai KPKNL Bandung selalu berpegang pada nilai-nilai kemeterian keuangan dan sesuai SOP yang telah ditentukan.

 

Pelayanan KPKNL Bandung

a.          Pelayanan Kekayaan Negara, KPKNL Bandung mengelola barang milik negara yang digunakan oleh 457 (empat ratus lima puluh tujuh) satuan kerja – satuan kerja, dengan memberikan pelayanan kepada Satuan Kerja , sebagai berikut:

1.   Pelayanan Pengelolaan Barang Milik Negara, yaitu Penertiban Surat Persetujuan/penolakan penghapusan BMN pada Pengguna Barang dan/atau Kuasa Pengguna barang karena sebab-sebab lain, Penerbitan Surat keputusan penetapan status penggunaan BMN berupa tanah dan/atau Bangunan, Penerbitan Surat Persetujuan/penolakan penjualan BMN berupa selain tanah dan/atau bangunan, Penerbitan surat keputusan penetapan status penggunaan BMN berupa selain tanah dan/atau bangunan, Penerbitan surat persetujuan/penolakan pemanfaatan BMN, Penerbitan surat persetujuan/penolakan pemindahtangan BMN dalam bentuk Hibah.

2.   Pelayanan Penatausahaan BMN, yaitu: pembinaan dalam penggunaan aplikas SIMAK dan aplikasi lain terkait dengan panatausahaan BMN, pelaksanaan rekonsiliasi BMN semesteran dan tahunan.

b.          Pelayanan Piutang Negara, KPKNL Bandung melakukan penagihan piutang negara yang berasal dari penyerahan dari DJKN cq. Direktorat PKNSI, RSJP Cimahi, Kementerian Kominfo, Kementerian ESDM, Rumah Sakit Hasan Sadikin, Sekretaris Daerah Sumedang, Kementerian Kesehatan, Kementerian Kehutanan PSDH, Rumah Sakit Rotinsulu, Pemerintah Provisi Jawa Barat, BINTEK, Bea Cukai, Badan Pengawasan Obat dan Makanan.

c.          Pelayanan Lelang, KPKNL Bandung melaksanakan lelang Eksekusi, Lelang Non Eksekusi Wajib, dan lelang Non Eksekusi Sukarela, atas objek lelang (benda bergerak maupun benda tidak bergerak) yang terletak di Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi dan Kabupaten Sumedang;

d.          Pelayanan Penilaian, KPKNL Bandung melakukan penilaian atas objek yang terletak diwilayah KPKNL Bandung, dalam rangka;

1.   Penilaian barang jaminan dan/atau harta kekayaan lain, dalam rangka pengurusan piutang negara oleh Panitia Urusan Piutang Negara, untuk keperluan penjualan melalui lelang, penjualan tanpa melalui lelang, penebusan dengan nilai permohonan penebusan di bawah nilai pembebanan dan keringanan hutang;

2.   Penilaian Barang Milik Negara satuan kerja di bawah KPKNL Bandung, dalam rangka  penyusunan neraca pemerintah pusat, penerbitan surat berharga syariah, pemanfaatan barang milik negara dan pemindahtangan barang milik negara.

 

Prestasi KPKNL Bandung

Di bidang Pelayanan Pengelolaan Kekayaan Negara, KPKNL Bandung telah melakukan koordinasi yang sangat baik dengan satuan-satuan kerja yang berada di bawah pengelolaannya, hal ini dibuktikan dengan tingkat kepatuhan melaksanan rekonsiliasi BMN sebesar 100%. Seluruh satuan kerja  telah melakukan rekonsiliasi dengan baik dan tepat waktu. Koordinasi bukan merupakan hal yang instant diwujudkan, tetapi diperlukan pendekatan waktu yang lama. Dari sisi utilisasi sampai dengan akhir Agustus 2014 KPKNL Bandung berhasil menyelesaikan target utilisasi sebesar Rp180.676.538.135,- (seratus delapan puluh milyar enam ratus tujuh puluh enam juta lima ratus tiga delapan ribu seratus tiga puluh lima rupiah) atau sebesar 90,34% (sembilan puluh koma tiga puluh empat persen) dari target sebesar Rp. 200.000.000.000

Dalam pelayanan lelang, Salah satu lelang yang menyedot perhatian tahun ini adalah lelang Bandung E-tronika Mall yang laku terjual dengan harga Rp61.010.000.000,- (enam puluh satu milyar sepuluh juta rupiah). Sampai dengan akhir Agustus 2014  KPKNL Bandung memperoleh  Realisasi Pokok Lelang sebesar Rp153.985.012.000,- (seratus lima puluh tiga milyar sembilan ratus delapan puluh lima juta dua belas ribu rupiah) atau sebesar 56,4% dari target keseluruhan. Sedangkan capaian  Bea Lelang sebesar  Rp6.105.656.955,- (enam milyar seratus lima juta enam ratus lima puluh enam ribu sembilan ratus lima puluh lima rupiah) atau  sebesar  68% dari target. Pelaksanaan Lelang sampai dengan Agustus 2014  sebanyak  765 (tujuh ratus enam puluh lima)  kali lelang atau sebesar 106,25% dari target sebanyak 720 kali frekuensi lelang.

Bidang Piutang Negara, KPKNL Bandung mematuhi Putusan Mahkamah Konstitusi nomor: 77/PUU-IX/2011, dengan mengembalikan seluruh BKPN yang berasal dari penyerahan BUMN.  Secara keseluruhan KPKNL Bandung mengembalikan sebanyak 2242 (dua ribu dua ratus empat puluh dua) BKPN dengan nilai sebesar Rp108.450.102.713,- (seratus delapan milyar empat ratus lima puluh juta seratus dua ribu tujuh ratus tiga belas rupiah). Walaupun demikian, Seksi Piutang Negara KPKNL Bandung tetap melakukan pelayanan dengan melakukan penagihan terhadap piutang negara yang berasal dari penyerahan instasi Pemerintah.

KPKNL Bandung dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, berharap  dapat menjadi bagian DJKN dalam mengembangkan profil DJKN sebagai Pengelola (manajer) Kekayaan Negara yang disegani, sehingga tercipta tertib administrasi barang milik negara. Sedangkan dalam bidang pelayanan lelang, KPKNL Bandung berharap menjadi bagian DJKN dalam memperkenalkan  lelang sebagai suatu cara penjualan yang paling diminati oleh masyarakat (Sales mean Auction), sehingga meningkatkan pemasukan negara. Dari  sisi piutang negara, KPKNL Bandung berharap dapat menyelesaikan tagihan-tagihan piutang negara yang diserahkan pengurusannya ke KPKNL Bandung.

Dengan profil ini, KPKNL Bandung mengajak kepada pengguna jasa untuk datang ke KPKNL Bandung. Kami akan menyambut semua pengguna jasa dengan tangan terbuka dan pelayanan yang terbaik.


Wilayah Kerja
Kota Bandung
Kabupaten Bandung
Kabupaten Bandung Barat
Kota Cimahi
Kabupaten Sumedang
Prestasi KPKNL Bandung
Muhamad Farid Wajdi, Pejabat Lelang KPKNL Bandung meraih Peringkat I Pencapaian Realisasi Pokok Lelang tahun 2016
Indah Dewi Restianti, Pejabat Lelang KPKNL Bandung, meraih Peringkat III Pencapaian Realisasi Pokok Lelang tahun 2016
Muhamad Farid Wajdi, Pejabat Lelang KPKNL Bandung meraih Peringkat I realisasi frekwensi lelang tahun 2016
Indah Dewi Restianti, Pejabat Lelang KPKNL Bandung, meraih Peringkat II Pencapaian Realisasi frekwensi Lelang tahun 2016
Peta Lokasi KPKNL Bandung
Alamat Kantor
Gedung N, Komplek Gedung Keuangan Negara, Jl. Asia Afrika No. 114, Bandung
(022)4216161
(022) 4263131
kpknl.bndg@gmail.com