Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Banda Aceh > Kilas Peristiwa
Kontribusi, Do’a, dan Kenangan, Mengantarkan Zakiyuddin Menyongsong Pendidikan Tugas Belajarnya
Agung Prasetya
Selasa, 14 September 2021   |   157 kali

Man jadda wa jada, yang berarti siapa yang bersungguh-sungguh, maka dia akan mendapatkan hasilnya. Ungkapan itu cocok disematkan pada sosok pemuda asal Banda Aceh yang bertugas perdana menjadi seorang Aparatur Sipil Negara di KPKNL Banda Aceh sejak 2018, dialah Zakiyuddin. Seorang Zaki merupakan pegawai pekerja keras yang disiplin. Karakternya yang tenang menghiasi segala upaya tindakannya dalam berkontribusi menjaga aset Negara melalui Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara. Zaki yang sempat menyandang predikat “PNS Inspiratif DJKN” tahun 2020, turut andil dalam pencapaian program sertipikasi BMN tahun 2019 sebanyak 1.847 bidang tanah atau sebesar 27 persen target nasional, serta berbagai tugas dan fungsi lain sepanjang masa penugasannya bersama KPKNL Banda Aceh telah dicapainya.

Selain itu, Zaki pun telah merasakan berkeliling menyusuri berbagai daerah hingga ke pelosok bahkan sampai pada Pulau Simeulue melalui beragam penugasan. Tentunya banyak pengalaman dan kenangan yang telah dikantongi oleh pria lulusan D-III Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) itu. Pada pertengahan tahun 2021, Zaki berupaya meniti pencapaian berikutnya dengan mendaftarkan diri untuk mengikuti program tugas belajar D-IV di STAN. Serangkaian tes pun berhasil dilalui dengan do’a, harapan, dan keyakinannya. “Saya sempat bolak-balik ke fotokopi untuk mengkopi soal-soal untuk saya pelajari, hingga petugas fotokopinya bilang kalau saya sudah sering bolak-balik fotokopi, sudah menjadi PNS, apa lagi yang mau didapat?” ujar Zaki. Dari obrolan singkatnya dengan petugas fotokopi menuai harapan dan keyakinannya untuk terus semangat menapaki rakngkaian proses seleksi pendidikan tugas belajar itu. Melalui kegiatan sederhana yang dilaksanakan pada (13/09) dan dikemas dengan menerapkan disiplin prokes covid-19 di ruang rapat KPKNL Banda Aceh, para pegawai dan/atau pejabat mengucapkan selamat dan sukses kepada Zaki. Muhammad Indra Kesuma beserta seluruh penggawa KPKNL Banda Aceh yang hadir pada acara itu pun sontak terbawa perasaan emosional, mereka bersedih bahkan beberapa diantara mereka sempat berderai air mata melepas kepergian sementara Zaki ke Tangerang Selatan untuk melanjutkan pendidikannya, mengingat tanggal 16 September 2021, Zaki harus mendaftar ulang secara langsung ke Bintaro Tangerang Selatan.

Kalimat permohonan ma’af, ucapan syukur, dan terima kasih tertutur dari lidah seorang lulusan SMAN 3 Kota Banda Aceh itu. Pencapaian Zaki pun menyamai raihan rekan seniornya, Fakhri Nurfaiz, yang telah lebih dahulu mendapatkan dan lulus pendidikan D-IV di STAN. Kini tinggal semangat, perjuangan, konsistensi, dan do’a dari Zaki yang akan menentukan hasil dari tugas belajarnya itu. Semuanya berharap dan berdo’a agar Zaki dapat sukses dan lulus dari pendidikan Tugas Belajarnya serta dapat terus berkontribusi terhadap Negeri.

Narasi-Foto: hi/kpknlbna

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini