Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Banda Aceh > Kilas Peristiwa
FGD : Kantor Ideal Generasi Milenial
Fakhri Nurfaiz
Kamis, 24 Januari 2019   |   266 kali

Banda Aceh- Generasi Milenial DJKN Aceh mengadakan Focus Group Discussion (FGD) nonformal selepas jam kerja hari Rabu (23/01) bertempat di Ruang Rapat KPKNL Banda Aceh. FGD kedua kali ini merupakan inisiatif pegawai muda KPKNL Banda Aceh yang mengusung konsep Battle Concept (BACON) bertemakan “Kantor Ideal Generasi Milenial” , dimana FGD pertama di 2019 dilaksanakan minggu sebelumnya mengusung konsep Ngobrolin Film (NGOPI). Adapun diskusi yang dilaksanakan meliputi area kantor ideal menurut persepsi masing-masing pegawai dan area perbaikan yang dapat dilakukan KPKNL Banda Aceh untuk menyikapi hal tersebut. FGD kali ini juga diikuti oleh peserta magang dari Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

FGD merupakan bentuk kegiatan pegawai muda DJKN Aceh dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui sarana Knowledge Sharing. Dengan adanya FGD ini diharapkan pegawai DJKN Aceh dapat berpikir kritis dan menyampaikan pendapat.

Perbedaan pendapat merupakan hal yang wajar dalam jalannya diskusi, misalnya terjadi perbedaan pendapat mengenai konsep kantor ideal itu sendiri. Beberapa pegawai berpendapat bahwa kantor ideal merupakan kantor yang nyaman, namun adapula yang berpendapat bahwa kantor ideal merupakan kantor yang challenging, sehingga memicu perkembangan diri pegawainya. Perbedaan juga muncul ketika dihadapkan dengan apakah penegakan aturan pada kantor ideal haruslah seketat mungkin atau fleksibel menyesuaikan kondisi sebenarnya terjadi.

Area perbaikan yang dibahas oleh FGD termasuk mengenai otomatisasi pekerjaan, penerapan work-life balance, pembagian beban kerja yang seimbang, penerapan Knowledge Management, dsb.

Purbo Nugroho kemudian berpendapat, “Tidak ada benar maupun salah dalam mengeluarkan pendapat, adanya diskusi ini untuk membuka wawasan teman-teman dalam menyikapi suatu masalah yang timbul.”

(Foto: Rafie, Narasi: Tim Magang UIN & HI)

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini