Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Direktorat BMN Berikan Pembinaan Pengelolaan BMN Kepada Kanwil DJKN Aceh, KPKNL Banda Aceh, dan KPKNL Lhokseumawe
Agung Prasetya
Senin, 18 Oktober 2021   |   91 kali

Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil DJKN) Aceh, kedatangan Tunggul Yunianto, Yudi Santoso, dan Ambi Gultom dari Direktorat Barang Milik Negara, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, Kementerian Keuangan RI. Kehadiran ketiganya ke Kanwil DJKN Aceh bertujuan untuk melakukan monev capaian IKU Triwulan III Tahun 2021 bidang Pengelolaan Kekayaan Negara dan pembinaan Pengelolaan Barang Milik Negara kepada Kanwil DJKN Aceh termasuk dua kantor vertikalnya yakni KPKNL Banda Aceh dan KPKNL Lhokseumawe. Sebelum mereka bertiga hadir di bumi Serambi Mekkah, Kepala Kanwil DJKN Aceh, Syukriah HG, menyampaikan nota dinas berupa undangan kepada Kepala KPKNL Banda Aceh dan KPKNL Lhokseumawe. Merespon undangan itu, Muhammad Indra Kesuma selaku Kepala KPKNL Banda Aceh yang secara kebetulan tengah melakukan perjalanan dinas terkait lelang ke Meulaboh, Blangpidie, dan Tapaktuan, mendisposisikan penugasan untuk menghadiri undangan pembinaan oleh Direktorat BMN itu kepada Zaini Zein, yang didaulat menjadi Pelaksana Harian (Plh) Kepala KPKNL Banda Aceh, beserta Radithiono Wicaksono selaku Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara (PKN) KPKNL Banda Aceh, dan Muhammad Zikri Hidayat selaku pelaksananya. Kegiatan pembinaan itu dihadiri oleh unsur-unsur pimpinan serta perwakilan pelaksana Bidang PKN Kanwil DJKN Aceh, Seksi  PKN KPKNL Banda Aceh, dan Seksi PKN KPKNL Lhokseumawe, yang dilaksanakan secara tatap muka dengan tetap menerapkan disiplin prokes covid-19 di ruang rapat Kanwil DJKN Aceh, pada Kamis (14/10).

Wellmi selaku Kepala Bidang Penilaian Kanwil DJKN Aceh, yang mewakili Syukriah HG, dikarenakan tengah ada agenda lain, membuka acara dengan mengucapkan terima kasih kepada tim dari Direktorat BMN DJKN yang berkenan memberikan pembinaan, pemantauan, dan arahan, sekaligus bersilaturrahim di bidang pengelolaan BMN. Pembinaan diawali dengan Tunggul Yunianto selaku Kepala Subdirektorat BMN I DJKN. Tunggul menyampaikan paparan terkait Monitoring dan Evaluasi Sertipikasi BMN Berupa Tanah dan IKU Mandatory Pengelolaan BMN. Tunggul sempat menampilkan hasil capaian Sertipikasi BMN tahun 2021 pada lingkup Kanwil DJKN Aceh yaitu sebanyak 1.845 bidang dengan rincian 921 bidang terealisasi oleh KPKNL Banda Aceh dan 924 bidang terealisasi oleh KPKNL Lhokseumawe. Total dari capaian lingkup Kanwil DJKN Aceh ialah sebesar 101,26 persen dari sebanyak 1.822 bidang yang ditargetkan pada tahun 2021. Capaian itu tentunya memantik apresiasi dari kantor pusat, sehingga dapat memicu semangat dalam mengarungi berbagai target IKU challenging (red-menantang) yang telah dicanangkan dalam bidang pengelolaan kekayaan Negara.

Tak hanya Sertipikasi BMN, penggawa PKN di lingkup Kanwil DJKN Aceh, terutama bagi KPKNL Banda Aceh maupun Lhokseumawe, terdapat IKU Penerimaan Negara yang Bersumber dari BMN, Tingkat Kesesuaian BMN dengan Standar Barang Standar Kebutuhan, Portofolio Aset, dan Tindak Lanjut Pengelolaan BMN. Pembahasan berlanjut pada percepatan sertipikasi BMN berupa tanah pada Kanwil DJKN Aceh yang dipandu oleh Yudi Santoso selaku Kepala Seksi BMN IC dan Ambi Gultom selaku Kepala Seksi BMN IIIC. Tujuan dari kegiatan pembinaan itu ialah untuk memantau dan mengevaluasi capaian IKU mandatory di bidang pengelolaan BMN dan memantau serta membahas strategi juga tantangan pelaksanaan sertipikasi BMN berupa tanah untuk tahun 2022.

Narasi-Foto: hi/kpknlbna

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini