KPKNL Banda Aceh
Berita DJKN

Duek Pakat ala KPKNL Banda Aceh

Senin, 01 Juli 2019   |   45 kali

Duek Pakat ala KPKNL Banda Aceh

 

Pagi ini, Kepala KPKNL Banda Aceh, Muhammad Indra Kesuma yang akrab disapa Mike, mengajak seluruh Kepala Seksi dan Kepala Subbagian Umum untuk duek pakat di ruangannya. Duek pakat merupakan budaya orang pedesaan di Provinsi Aceh untuk duduk bersama dalam menyelesaikan suatu masalah yang terjadi.

 

Pada duek pakat pagi ini, Mike yang sebelumnya berkarier di Kantor Pusat DJKN ingin mendengarkan masalah – masalah yang belum terselesaikan, dan isu terkini di KPKNL Banda Aceh.

 

Krisno Nugroho memulai dengan pemaparan tentang tindak lanjut revaluasi BMN, dari pengumpulan form terkini, tindak lanjut temuan BPK, dan clustering. Tidak hanya revaluasi, IKU dari Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara yang cukup challenging adalah IKU manfaat ekonomi, dimana target tahun ini adalah hampir sepuluh kali lipat dari tahun sebelumnya, namun tetap optimis terlampaui, melalui prioritas percepatan persetujuan pemindahtanganan, dan persetujuan sewa BMN.

 

Kepala Seksi Pelayanan Lelang, Febriano Iriawan Ishaq memaparkan tentang pelayanan lelang, dimana IKU dari pokok lelang dan bea lelang naik tiga kali lipat dari tahun sebelumnya, sehingga penggalian potensi terus dilakukan untuk mencapai target yang ditetapkan. Febriano menyampaikan meskipun target yang sangat menantang, seksi pelayanan lelang tetap prudent dalam melaksanakan lelang, dan optimis target terpenuhi.

 

A. Hidran Hakim sebagai Kepala Seksi Piutang Negara menyampaikan capaian yang belum optimal dalam penyelesaian piutang, hal ini dikarenakan sulitnya menemui debitur – debitur di masa lampau, namun dalam waktu dekat BPJS Ketenagakerjaan akan menyerahkan piutang sebesar Rp800.000.000,- diharapkan dengan penyerahan ini akan mendongkrak capaian KPKNL Banda Aceh.

 

Dukungan dana menjadi perhatian khusus M Yose Rizal selaku Kepala Seksi Hukum dan Informasi, hal ini disebabkan kondisi lapangan, khususnya saat persidangan sama sekali tidak bisa ditebak. Meskipun selama ini menggunakan skala prioritas dalam menghadiri persidangan, namun ketika hadir dalam persidangan, sering sekali kurang pihak, sehingga sidang tidak dapat dibuka, dan harus kembali satu atau dua minggu kemudian, padahal jarak dari kantor menuju pengadilan sejauh 600 KM.

 

Kepala Seksi Kepatuhan Internal, Zaini Zein menyampaikan pemantauan kinerja terus berlangsung secara berkesinambungan, dimulai dengan pemantauan capaian kinerja berdasarkan laporan yang dibuat dari tiap seksi setiap bulan hingga analisa terhadap dokumen pemantauan pengendalian internal. Hingga saat ini yang menjadi catatan adalah IKU baru yaitu kualitas pelaksanaan anggaran pada subbagian umum dan akurasi basis data piutang negara pada seksi piutang negara dan seksi hukum dan informasi.

 

Kualitas pelaksanaan anggaran menjadi perhatian Farid Wahdi Hidayat selaku Kepala Subbagian Umum, dengan menggunakan aplikasi SAKTI serta penyampaian laporan pertanggung jawaban tepat waktu adalah salah satu cara agar IKU kualitas pelaksanaan anggaran tercapai di akhir tahun nanti.

 


Dalam arahannya,
Mike menyinggung soal target kinerja. Ia berharap target dalam Nilai Kinerja Organisasi (NKO) dapat tercapai dengan baik, tetapi akan lebih baik jika melampaui target. Oleh karena itu, Mike mengajak para kepala seksi dan subbagian umum untuk menemukan strategi yang tepat untuk mewujudkan hal tersebut. Kegiatan duek pakat pagi ini diakhiri dengan foto bersama seluruh pegawai di lingkungan KPKNL Banda Aceh. (Foto/Narasi: Seksi HI).

 

Foto Terkait Berita
Pengumuman
Kontak
Jl. Tgk Chik Ditiro Gedung Keuangan Negara, Gedung C Lantai 1Banda Aceh 23241
0651 – 25292
0651 - 31121
kpknlbandaaceh@kemenkeu.go.id