Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Guha Batee Meucanang, Pesona Gua di Aceh Selatan
Khana Karrina
Selasa, 30 Mei 2023   |   653 kali

Ada apa di Aceh Selatan?

Kabupaten Aceh Selatan sudah tersohor sebagai salah satu kabupaten di Provinsi Aceh yang memiliki bentangan alam yang indah dengan pesona pantai yang terhampar sepanjang 194 kilometer. Selain wisata pantai dan alam pegunungannya, Aceh Selatan menyimpan pesona sungai yang tersembunyi di antara lembah-lembah perbukitan. Dikutip dari halaman Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh, Kabupaten Aceh Selatan memiliki dua wilayah sungai dan 23 Daerah Aliran Sungai. Salah satu objek wisata yang menawarkan keindahan wisata sungai ialah Guha Batee Meucanang yang akan disajikan berikut ini.

Objek wisata Guha Batee Meucanang?

Guha Batee Meucanang merupakan objek wisata gua (cave) dan sungai yang masih asri, pengunjung dapat menengok pesona gua sekaligus bermain air di aliran sungai yang memiliki air yang jernih dengan arus yang tidak deras yang sangat cocok untuk bermain anak-anak. Rute menuju Guha Batee Meucanang. Guha Batee Meucanang terletak di Kecamatan Labuhan Haji Barat, Kabupaten Aceh Selatan. Aksesibilitas menuju lokasi wisatai dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat karena kondisi jalan yang sudah diaspal dengan baik.

Guha Batee Meucanang terletak di kecamatan pertama ketika memasuki Kabupaten Aceh Selatan. Setelah melewati Jembatan Krueng Baroe yang merupakan perbatasan Aceh Barat Daya dan Aceh Selatandari arah Banda Aceh, berkendaraah sejauh empat kilometer hingga menemukan perempatan, berbeloklah ke kiri untuk menuju ke arah Gampong Batee Meucanang dan dianjutkan dengan berkendara sejauh sekitar dua kilometer ke arah perbukitan. Pada saat memasuki kawasan wisata ini, pengunjung akan disuguhi pemandangan alami lembah yang sebagian telah digarap menjadi ladang oleh masyarakat setempat dan kebun-kebun durian di kiri dan kanan jalan. Jalan yang dapat memuat dua mobil ini akan berujung di objek wisata yang dituju. Kabar baiknya, ketika memasuk objek wisata ini pengunjung tidak dipungut biaya tiket masuk. Pengelola objek wisata menyediakan kotak sumbangan yang ditempatkan di pintu masuk gua yang berada di atas bukit bagi pengunjung yang ingin memberikan sumbangan.

Gua Batee Meucanang

Objek wisata utamanya merupakan sebuah gua yang berada di dinding bukit berbatu. Untuk dapat masuk ke dalam gua ini, pengunjung harus menaiki anak tangga yang mengarah ke pintu masuk gua. Di dalam gua ini terdapat bebatuan khas gua yang konon apabila dipukul akan mengeluarkan suara canang. Canang itu sendiri diartikan sebagai alat musik yang dipukul yang terbuat dari kuningan menyerupai gong. Inilah yang menjadi asal mula penamaan Guha Batee Meucanang, secara bahasa Guha berarti gua (cave), Batee berarti batu, dan Meucanang berarti canang atau memiliki suara layaknya alat musik canang. Selain unik dari sisi penamaannya, gua ini juga memiliki banyak sejarah. Sejarah Guha Batee Meucanang dirangkum dengan apik dan dapat dijumpai di mulut gua.

Wisata Air di Sungai

Setelah puas menikmati pesona gua Batee Meucanang, pengunjung dapat melepas penat di kedai-kedai makanan yang berdiri di bibir sungai yang ada di depan gua. Kedai-kedai tersebut menyediakan berbagai camilan dan minuman. Bagi pengunjung yang senang bermain air dapat mencoba sensasi mandi di sungai yang mengalirkan air sejuk dari pegunungan. Beberapa bagian sungai telah dibandung dengan batu kali untuk membentuk kolam-kolam air yang dapat digunakan pengunjung agar lebih puas bermain air.

Pada hari libur pengunjung pada objek wisata ini akan lebih ramai, karena akses jalan yang mudah dan publikasi yang ramai di media sosial, sebut salah satu pedagang yang berada di area Guha Batee Meucanang.

Sumber:

Dokumentasi Seksi Hukum dan Informasi KPKNL Banda Aceh pada bulan Mei 2023.

Aceh, D.K.D.P. (2020) Profil Kawasan Aceh Selatan, uptdpkkpd.acehprov.go.id. Available at: https://uptdpkkpd.acehprov.go.id/halaman/profil-kawasan-aceh-selatan (Accessed: 24 June 2023).

Aceh, P. (2013) Alat Musik tradisional di aceh, Alat Musik Tradisional di Aceh. Available at: https://acehprov.go.id/berita/kategori/jelajah/alat-musik-tradisional-di-aceh#:~:text=Dari beberapa alat kesenian tradisional,dan fungsi yang berbeda-beda. (Accessed: 24 June 2023).

Sumberpost, R. (2023) Gua Batee Meucanang, Objek Wisata Legenda Di Labuhan haji Barat, sumberpost.com. Available at:https://sumberpost.com/2023/05/04/gua-batee-meucanang-objek-wisata-legenda-di-labuhan-haji-barat/ 

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini