Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Program Keringanan Utang : Kesempatan Emas Yang Sayang Dilewatkan
Wahyuni Eka Wulandari
Kamis, 28 April 2022   |   182 kali

Balikpapan - Program keringanan utang kembali hadir di tahun 2022 ini. Sebagai salah satu upaya menyebarluaskan program tersebut, KPKNL Balikpapan menyelenggarakan kegiatan sosialisasi dengan topik Program Keringanan Utang Tahun Anggaran 2022 ini secara daring pada hari Selasa (26/04).

 

Sosialisasi ini diikuti oleh perwakilan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) selaku pihak penyerah piutang dan salah satu debitur yang pengurusan utangnya berada di bawah pengelolaan BRIN.

 

Kegiatan sosialisasi ini difokuskan pada debitur di bawah pengelolaan BRIN tersebut dikarenakan debitur tersebut telah tergolong dalam kategori debitur yang dapat mengajukan program Keringanan Utang. Adapun kategori debitur yang dapat mengajukan program Keringanan Utang ini adalah :

1.        Pelaku UMKM dengan pagu kredit paling banyak Rp 5 miliar;

2.        KPRS/RSS dengan pagu kredit paling banyak Rp 100  juta;

3.        Debitur dengan sisa kewajiban paling banyak Rp 1 miliar;

4.        BKPN Pengkhususan dengan nilai paling banyak Rp 8 juta.

 

Dijelaskan dalam sosialisasi ini pula, skema perhitungan sisa utang debitur jika mengajukan program Keringanan Utang. Melalui program Keringanan Utang ini, terdapat tarif potongan utang pokok sebesar 60 persen bagi pelaku UMKM, KPRS/RSS dan debitur dengan sisa utang sampai dengan Rp 1 miliar jika tidak didukung barang jaminan, dan 35 persen tarif potongan utang pokok jika didukung barang jaminan. Tambahan potongan sebesar 40 persen juga diberikan jika pelunasan dilakukan selambatnya tanggal 30 Juni 2022.

 

Respon positif disampaikan oleh perwakilan BRIN selaku penyerah piutang dan debitur terkait. Utamanya debitur sangat antusias akan kehadiran program ini yang dirasa sangat meringankan beban utang yang ditanggungnya saat ini. Terlebih dengan adanya tarif potongan keringanan tersebut yang cukup besar dan signifikan dalam mempercepat proses penyelesaian utangnya.

 

Program Keringanan Utang di tahun 2022 akan terus menggiatkan eksistensinya sebagai salah satu upaya mendukung percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional. Informasi lebih lanjut terkait program Keringanan Utang ini dapat diperoleh dengan menghubungi saluran layanan KPKNL Balikpapan maupun Call Center Halo DJKN 150-991. (wew/hi)

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini