Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
KPKNL Balikpapan
BERITA UTAMA
Info lelang.go.id
Profil KPKNL Balikpapan


          PROFIL SINGKAT

Kantor Pelayanan Kekayaan Negara (KPKNL) Balikpapan merupakan unit vertikal di bawah Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kalimantan Timur dan Utara pada Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, Kementerian Keuangan yang berlokasi di Kota Minyak, Balikpapan. Kantor ini menempati lantai 2 Gedung Keuangan Negara Balikpapan yang beralamat di Jalan Ahmad Yani Nomor 68.


            TUGAS DAN FUNGSI

KPKNL mempunyai tugas melaksanakan pelayanan di bidang kekayaan negara, penilaian, dan lelang.


KPKNL menyelenggarakan fungsi:

a. inventarisasi, pengadministrasian, pendayagunaan, dan pengamanan kekayaan negara;

b. registrasi, verifikasi dan analisa pertimbangan permohonan pengalihan serta penghapusan kekayaan negara;

c. pelaksanaan pengurusan piutang negara dan kewenangan Panitia Urusan Piutang Negara;

d. pelaksanaan bimbingan teknis, pembinaan, penatausahaan, penagihan dan optimalisasi dalam rangka pengelolaan piutang negara;

e. pelaksanaan pelayanan penilaian;

f. pelaksanaan pelayanan lelang;

g. penyaJian informasi di bidang kekayaan negara, penilaian, dan lelang;

h. pelaksanaan pemberian pertimbangan dan advokasi pengurusan piutang negara dan lelang;

i. verifikasi dan pembukuan penerimaan pembayaran piutang negara dan hasil lelang;

j. pelaksanaan administrasi KPKNL.

 

WILAYAH KERJA

Wilayah kerja KPKNL Balikpapan meliputi Kota Balikpapan, KabupatenPaser, dan Kabupaten Penajam Paser Utara

VISI, MISI, DAN MOTTO

VISI

“Menjadi Pengelola Kekayaan Negara Yang Profesional Dan Akuntabel Dalam Rangka Mendukung Visi Kementerian Keuangan: Menjadi Pengelola KeuanganNegara Untuk Mewujudkan Perekonomian Indonesia Yang Produktif, Kompetitif,Inklusif, Dan Berkeadilan,Serta Untuk Sebesar-Besar Kemakmuran Rakyat”

 

MISI

  1. Mengoptimalkan Pengelolaan Kekayaan Negara
  2. Mengamankan Kekayaan Negara Secara Fisik, Administrasi, Dan Hukum
  3. Meningkatkan Tata Kelola Dan Nilai Tambah Pengelolaan Kekayaan Negara
  4. Menghasilkan Nilai Kekayaan Negara Yang Wajar Dan Dapat Dijadikan Acuan Dalam Berbagai Keperluan
  5. Mewujudkan Lelang Yang Efisien, Transparan, Akuntabel, Adil, Dan Kompetitif Sebagai Instrumen Jual Beli Yang Mampu Mengakomodasi Kepentingan Masyarakat

 

MOTTO

Melayani dengan SEJUK

SENYUM

Memberikan pelayanan dengan ramah kepada seluruh stakeholders

EMPATI

Memberikan pelayanan sepenuh hati dengan tingkat kepedulian yangtinggi

JUJUR

Senantiasa menjaga integritas dalam memberikan layanan

KUALITAS

Selalu memberikan kemampuan dan keahlian terbaik dalam melayanisetiap stakeholders dengan terus melakukan inovasi dalam rangka peningkatanlayanan yang diberikan.

 


STRUKTUR ORGANISASI 




INFOGRAFIS SDM




PENGGUNA LAYANAN

Pengguna layanan terdiri dari berbagai pihak yaitu Satuan KerjaKementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, Perbankan, Badan Layanan Umum, Balai Lelang, Perusahaan Tambang hingga masyarakat.


JAM LAYANAN

Senin - Jumat : Pukul 08.00 - 16.30 WITA

Sabtu - Minggu : Tutup


MAKLUMAT PELAYANAN

Dengan ini kami berjanji dan sanggup untuk melaksanakan pelayanan sesuai standar pelayanan yang telah ditetapkan, memberikan pelayanan sesuai dengan keharusan dan melakukan perbaikan secara terus-menerus, serta bersedia menerima sanksi sesuai peraturan perudang-undangan yang berlaku apabila pelayanan yang diberikan tidak sesuai standar


JANJI PELAYANAN

Kami melayani dengan menjunjung tinggi integritas dan profesionalisme berdasarkan standar pelayanan yang telah ditetapkan, serta senantiasa berupaya untuk meningkatkan kualitas dalam memberikan pelayanan prima


STANDAR PELAYANAN


Daftar informasi standar pelayanan dapat diakses melalui QR Code berikut :

    

      

KONTAK INFORMASI LAYANAN


Anda dapat mengunjungi Area Pelayanan Terpadu kami di alamat :
KPKNL Balikpapan (Gedung Keuangan Negara Lt.2)
Jl. Ahmad Yani No.68, Klandasan Ilir, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur 76113


Anda juga dapat mengakses layanan virtual kami melalui tautan :bit.ly/pentingbalikpapan atau bit.ly/mandaguna


Selain itu, Anda dapat menghubungi kami pada media layanan-layanan berikut :
-Layanan Pengelolaan Kekayaan Negara : 081-2423-3129
-Layanan Penilaian : 0822-2787-0878
-Layanan Lelang : 0813-5511-5576
-Layanan Piutang Negara : 0878-2335-5497


Layanan terkait tracking status permohonan pengelolaan BMN dapat diakses melalui tautan bit.ly/TrayekNegara

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi kami melalui :
-Telepon : 0542-763408
-Whatsapp (Layanan Pengaduan) : 081-1540-1301
-Email : kpknlbalikpapan@kemenkeu.go.id







#MelayaniDenganSEJUK #IntegritasIdentitasKami 




 

 


Wilayah Kerja
Kota Balikpapan
Kabupaten Penajam Paser Utara
Kabupaten Paser
Prestasi KPKNL Balikpapan
Peringkat 5 Besar Lomba Penerapan Pengarusutamaan Gender di Lingkup Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Tahun 2019
Juara II Lomba Penilaian Arsip DJKN Tahun 2019
Berhasil Meraih Predikat Wilayah Bebas Korupsi Tahun 2020
Kantor Pelayanan Terbaik Kedua dalam Penilaian Kantor Pelayanan Terbaik Kementerian Keuangan Tahun 2021
Berhasil Meraih Predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani Tahun 2022
Unit Penyelenggara Pelayanan Publik Terbaik dalam Penyediaan Sarpras Ramah Kelompok Rentan 2022 PANRB
Peta Lokasi KPKNL Balikpapan
Alamat Kantor
Jl. Ahmad Yani No. 68 Gedung Keuangan Negara Lt. 2 Balikpapan - 76113
(0542) 736408
(0542) 418593
kpknlbalikpapan@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini