KPKNL Balikpapan
Berita DJKN

KPKNL Balikpapan Dampingi Kakanwil Kaltimtara Serahkan Persetujuan Pinjam Pakai ke Pemkot Balikpapan

Jum'at, 10 Juli 2020   |   14 kali

Balikpapan – Kepala KPKNL Balikpapan, Chairiah, mendampingi Kepala Kantor Wilayah DJKN Kalimantan Timur dan Utara (Kaltimtara), Surya Hadi, bertandang ke Kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan pada Jumat (10/07) untuk menyerahkan Surat Persetujuan Pinjam Pakai. Persetujuan Pinjam Pakai ini diserahkan langsung oleh rombongan DJKN kepada Walikota Balikpapan, Rizal Effendi.

          Persetujuan yang diserahkan oleh Kanwil DJKN Kaltimtara ialah atas aset Eks-kelolaan PT Perusahaan Pengelolaan Aset (PPA) berupa tanah seluas kurang lebih 11 hektar. Persetujuan ini diterbitkan dan ditandatangani oleh Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Isa Rachmatarwata, atas nama Menteri Keuangan, Sri Mulyani. Persetujuan ini diterbitkan sebagai dukungan DJKN atas pembangunan di Kota Balikpapan.

          Rizal Effendi, yang didampingi oleh Sekretaris Daerah Kota Balikpapan, Sayid MN Fadly dan Kepala BPKAD Balikpapan, Madram Muhyar, menunjukkan antusiasmenya atas persetujuan Pinjam Pakai ini. Menurutnya, Kota Balikpapan memang masih membutuhkan banyak fasilitas-fasilitas, terutama yang diperuntukkan untuk pendidikan. Sehingga mekanisme Pinjam Pakai dari DJKN ini dapat menjadi jawaban atas keresahan tersebut. Menurut Walikota Balikpapan yang telah menjabat selama dua periode ini, terhadap tanah yang dipinjampakaikan tersebut rencananya memang akan dibangun sekolah.

          Pinjam Pakai sendiri merupakan salah satu bentuk pemanfaatan Barang Milik Negara (BMN) melalui mekanisme penyerahan penggunaan barang dari Pemerintah Pusat ke Pemerintah Daerah dalam jangka waktu tertentu tanpa menerima imbalan. Setelah jangka waktu tersebut berakhir, BMN yang dipinjampakaikan akan diserahkan kembali kepada Pengelola Barang/ Pengguna Barang.

            Sinergi antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah memang sangat dibutuhkan dalam sebuah program pembangunan. Semoga hubungan antara DJKN dan Pemkot Balikpapan yang telah terjalin dengan baik ini dapat terus dipelihara demi kebaikan bangsa. 

Foto Terkait Berita
Pengumuman
Kontak
Jl. Ahmad Yani No. 68 Gedung Keuangan Negara Lt. 2 Balikpapan - 76113
(0542) 736408
(0542) 418593
kpknlbalikpapan@kemenkeu.go.id