KPKNL Balikpapan
Berita DJKN

Peduli COVID-19, KPKNL Balikpapan Serahkan Donasi Mandiri ke Gugus Tugas Pemkot Balikpapan

Rabu, 15 April 2020   |   95 kali

Balikpapan – Pandemi COVID-19 yang telah menyerang hampir seluruh belahan dunia tentu membuat semua lapisan masyarakat resah. Kegiatan keluar rumah dibatasi, masker menjadi barang wajib yang harus digunakan dan perputaran ekonomi menjadi lesu. Tak semua orang cukup beruntung dapat menjalankan Work From Home (WFH), ada pula yang terpaksa harus terus keluar rumah untuk bekerja. Ada juga yang terpaksa tak lagi bekerja karena lahan pekerjaannya sangat terdampak wabah Corona ini.

            Keresahan ini yang kemudian ditangkap oleh KPKNL Balikpapan. Seluruh pegawai KPKNL Balikpapan yang hanya berjumlah sekitar 30 orang, secara mandiri mengumpulkan donasi untuk kemudian diberikan kepada yang membutuhkan. Awalnya, donasi ini akan disalurkan secara mandiri kepada wilayah-wilayah yang membutuhkan.

Namun dengan mempertimbangkan kondisi Kota Balikpapan yang sudah ditetapkan sebagai zona merah dan berusaha menerapkan Physical Distancing, KPKNL Balikpapan memutuskan untuk menyalurkannya melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Balikpapan. Pilihan ini diambil karena Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dianggap akan lebih memahami apa yang dibutuhkan oleh Kota Balikpapan dan penyalurannya pun akan lebih tepat sasaran.

            Oleh karena itu pada hari Selasa (14/04) Kepala Subbagian Umum KPKNL Balikpapan, Agus Susanto, mengantarkan langsung donasi berupa uang tersebut ke Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Kantor Pemkot Balikpapan. Bantuan tersebut diterima langsung oleh salah satu pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Balikpapan, Dwi Septiani.

Kepala KPKNL Balikpapan, Chairiah, dalam video conference rutinnya menyatakan sangat mengapresiasi kegiatan donasi yang dilakukan oleh seluruh pegawai KPKNL Balikpapan. Menurutnya, di masa pandemi ini, semua orang harus saling membantu dan care dengan sekitarnya. Selain atas dasar kemanusiaan, karakteristik virus COVID-19 sangat cepat menyebar melalui droplet juga memacu sensitivitas semua pihak atas masalah ini. Sebab, jika hanya diri kita sendiri yang sehat dan tidak diikuti oleh lingkungan sekitar, maka resiko tertular juga cukup tinggi. Sehingga kita semua harus bahu-membahu saling menjaga demi melewati masa pandemic COVID-19 ini. 

Walaupun akhir dari pandemi belum terlihat, KPKNL Balikpapan berharap semua pihak tetap semangat dan optimis dalam menjalani hari. Untuk sementara, tetap jaga jarak, batasi kegiatan di luar rumah dan gunakan masker. Bersama kita bisa lawan COVID-19 dan menekan kurva penyebarannya. 

Pengumuman
Kontak
Jl. Ahmad Yani No. 68 Gedung Keuangan Negara Lt. 2 Balikpapan - 76113
(0542) 736408
(0542) 418593
kpknlbalikpapan@kemenkeu.go.id