KPKNL Balikpapan
Berita DJKN

Kunjungi Balikpapan, Kakanwil Kaltimtara Berikan Pembinaan bagi Seluruh KPKNL di Lingkungannya

Kamis, 04 Juli 2019   |   35 kali

Balikpapan- KPKNL Balikpapan mengikuti pembinaan terkait Capaian IKU dan target Re-revaluasi BMN dari Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara (Kaltimtara) pada hari Selasa (02/07) di Aula KPKNL Balikpapan. Dipimpin langsung oleh Kepala Kanwil DJKN Kaltimtara,  Surya Hadi, acara tersebut diikuti oleh seluruh Kepala KPKNL dan Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara di lingkungan Kaltimtara.

            Dalam pembinaan terkait Capaian IKU dari Januari-Mei 2019 tersebut, Surya Hadi menggarisbawahi pentingnya mengejar capaian-capaian IKU yang masih merah. Menurutnya, masih ada cukup waktu untuk terus memperbaiki capaian, paling tidak ada progress yang ditunjukkan terlihat muncul secara signifikan. Inventarisasi atau kegiatan re-revaluasi tahun ini diutamakan yang termasuk dalam cluster. Jumlah yang harus ditangani KPKNL Balikpapan sekitar 300 NUP, yang mana tidak terlampau banyak sehingga diharapkan dapat selesai.

            Lelaki kelahiran Medan itu juga membahas mengenai target manfaat ekonomi di tiap KPKNL. Di KPKNL Balikpapan sendiri, target untuk capaian manfaat ekonomi sebenarnya sesuatu yang terlihat mustahil, sebab capaian PNBP maksimal tiap tahunnya biasanya hanya mencapai 11Miliar. Namun menurutnya, tercapai atau tidak, yang penting sudah berusaha secara maksimal

            Kegiatan pembinan dari Kanwil DJKN Kaltimtara ini sekaligus menjadi media dialog dua arah bagi seluruh KPKNL yang datang. Kepala KPKNL Samarinda, Bimo Aryo, mengkonsultasikan terkait sulitnya untuk mencapai target padahal potensi daerahnya kecil, berbanding terbalik dengan target yang besar. “Sebenarnya bisa tercapai, tapi masih terhalang aturan yang menyatakan KPKNL hanya bisa meng-handle yang nilai arestasinya dibawah 5Miliar. Kecuali nilai arestasinya ditingkatkan,” ujarnya.

            Menanggapi hal tersebut, Kepala Bidang Pengelolaan Kekakaan Negara Kanwil DJKN Kaltimtara, Sri Warsiyati, mengungkapkan bahwa hal tersebut memang permasalahan hampir setiap KPKNL. Untuk sementara, memang tiap KPKNL harus menjalankan sesuai dengan aturan yang ada. Untuk menyemangati seluruh KPKNL yang berada di lingkungan Kanwil DJKN Kaltimtara, Kakanwil menutup acara pembinaan tersebut dengan meminta semua jajaran tetap positive thinking dalam mencapai target tahunan. Karena apapun yang terjadi di akhir, yang terpenting adalah usaha sebesar-besarnya yang telah dicurahkan.

 

Foto Terkait Berita
Pengumuman
Kontak
Jl. Ahmad Yani No. 68 Gedung Keuangan Negara Lt. 2 Balikpapan - 76113
(0542) 736408
(0542) 418593
kpknlbalikpapan@kemenkeu.go.id