KPKNL Balikpapan
Berita DJKN

Rayakan Hari Kartini dengan Berbusana Tradisional, KPKNL Balikpapan Banjir Likes

Selasa, 23 April 2019   |   102 kali

Balikpapan- Hari Kartini memang jatuh pada Hari Minggu (21/4), namun hal itu tak menyurutkan semangat KPKNL Balikpapan untuk merayakannya dengan mengenakan busana daerah saat bekerja pada Senin (22/4). Tak cuma itu, KPKNL Balikpapan pun melombakannya dengan melakukan pencarian pegawai #KartiniMillenial di Instagram.

“Kita harus bersyukur dan meneladani R.A. Kartini,” ujar Kepala KPKNL Balikpapan, Chairiah, dalam sambutannya saat Briefing Pagi. “Tanpa jasanya, kita yang perempuan ini tak mungkin mendapatkan kesempatan untuk sekolah lebih tinggi.” Ia juga menekankan pada seluruh pegawainya yang perempuan, untuk tidak lupa dengan kodratnya. “Jangan karena kalian sudah bekerja, sudah sibuk, jadi tidak mau lagi turun ke dapur atau urus anak. Harus seimbang.

            Acara pun dilanjutkan dengan berfoto bersama untuk di upload ke akun Instagram @kpknl.balikpapan. Foto ini merupakan bagian dari Lomba pencarian pegawai KPKNL Balikpapan yang merepresentasikan #KartiniMillenial pada perayaan Hari Kartini tersebut. Agar fair, pemilihan juara pun ditentukan oleh jagat netizen. Semua foto yang di upload telah diberi nomor dan nama, agar netizen bisa vote dari kolom komentar dengan menuliskan nomor #KartiniMillenial favorit mereka.

            Tak disangka, animo netizen cukup tingi terhadap lomba ini. Kolom komentar pun riuh dengan usaha tiap netizen berusaha memenangkan jagoannya masing-masing. KPKNL Balikpapan pun berhasil mendapatkan 111 likes dan 132 komentar pada satu seri foto. Saat berita ini diturunkan, lomba masih berlangsung dan rencananya pemenang akan diumumkan pada Selasa pagi (23/4).

Perayaan ini memang identik dengan perempuan, namun di KPKNL Balikpapan, para lelaki juga ikut menunjukkan antusiasme dalam berbusana tradisional. Jika pegawai perempuan mantap berkebaya merujuk pada gaya busana R.A. Kartini, pegawai laki-laki lebih bervariasi lagi. Tak cuma adat jawa, pakaian tradisional dari banjar dan bugis pun dapat ditemui.

Acara ini diharapkan tak hanya membangkitkan memori terhadap jasa-jasa R.A. Kartini, namun juga untuk mendorong pegawai perempuan untuk terus berkarya dan berdikari karena sekarang kesempatan sudah terbuka lebar. Hal ini selaras dengan kebijakan Pengarusutamaan Gender yang telah diterapkan di KPKNL Balikpapan.

Selamat Hari Kartini!

Foto Terkait Berita
Pengumuman
Kontak
Jl. Ahmad Yani No. 68 Gedung Keuangan Negara Lt. 2 Balikpapan - 76113
(0542) 736408
(0542) 418593
kpknlbalikpapan@kemenkeu.go.id