Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Balikpapan, KPKNL Pertama Peraih Predikat "Pelayanan Prima" di Indonesia
Dwi Ariadi
Rabu, 17 Januari 2024   |   112 kali

Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Balikpapan berhasil menjadi KPKNL pertama di Indonesia yang mendapatkan predikat Kantor Pelayanan Prima dari Kemenpan RB tahun 2023. Sebagai wakil dari Kementerian Keuangan dalam PEKPPP, KPKNL Balikpapan telah melewati berbagai proses penilaian oleh Kemenpan RB sepanjang tahun 2023 baik dari sisi standar prosedur layanan (SOP), fasilitas layanan, komunikasi publik dan survey kepuasan masyarakat hingga dianggap layak memperoleh predikat tersebut.

Adi Suharna, Kepala KPKNL Balikpapan, mengatakan bahwa predikat layanan prima merupakan hasil dari proses panjang yang sudah dibangun seluruh pegawai sejak tahun 2020-2023 diawali dengan menjadi kampiun Kantor Pelayanan Terbaik Kemenkeu, predikat kantor Wilayah Bebas Korupsi (WBK), predikat kantor Pelayanan Terbaik Ramah Kelompok Rentan, dan predikat kantor Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Semua itu didukung oleh kontribusi, sinergi dan profesionalisme pegawai dalam melaksanakan tugas dan fungsi dibidang Pengelolaan Kekayaan Negara, Pelayanan Lelang, Pelayanan Penilaian Barang Milik Negara/Daerah, Pengurusan Piutang Negara/Daerah dan supporting unit lainnya.

Loyalitas pada organisasi dan perbaikan yang berkesinambungan untuk melayani pemangku kepentingan, menjadi budaya kerja yang melekat pada pegawai KPKNL Balikpapan walaupun rotasi dan mutasi pegawai kerap terjadi namun standar kerja tetap terjaga. Dukungan stakeholders menjadi pelengkap kinerja KPKNL Balikpapan sehingga dapat mencapai Nilai Kinerja Organisasi (NKO) 2023 mencapai 109,03. Indikator Kinerja Utama (IKU) yang menjadi perhatian seperti layanan lelang mencapai Rp.327,600milyar yang mendukung pemulihan kredit macet perbankan, penghapusan BMN-BMD (Barang Milik Negara/Daerah) dan barang rampasan negara. PNBP Pengelolaan Kekayaan Negara mencapai Rp.14,372milyar dan kontribusi untuk Pemkot/Pemkab Balikpapan, Paser, Penajam Paser Utara dari giat lelang laku berupa BPHTB mencapai Rp2,95milyar serta sumbangsih PPH lelang Rp.1,8milyar. Selain itu tugas dan fungsi KPKNL dalam penataan dan pengelolaan Barang Milik Negara instansi vertikal yang tersebar di Kota Balikpapan, Kab. PPU dan Kab. Paser meliputi asset berupa Tanah senilai Rp37,046trilyun, Gedung/Bangunan/Rumdis/Jembatan senilai Rp7,956trilyun dan Kendaraan serta peralatan mesin lainnya senilai Rp6,505trilyun.

Selain itu KPKNL Balikpapan juga turut mendukung pemasaran produk UMKM lokal melalui portal lelang.go.id yang bisa diakses secara nasional. Termasuk kami sangat terbuka untuk kerjasama lelang sukarela bagi individu atau pribadi, masyarakat dan badan usaha swasta, BUMN, koperasi yang ingin menjual tanah, bangunan, kendaraan ataupun inventaris lainnya lewat portal lelang.go.id. Masyarakat saat ini bisa membuka akses portal lelang.go.id untuk melihat lelang seluruh Indonesia. Bila berminat kerjasama, KPKNL Balikpapan siap memfasiltasi seluruh masyarakat baik sebagai calon pembeli ataupun pemohon lelang.

Upaya pengembangan diri dan perbaikan terus menerus juga dilakukan KPKNL  dalam menyongsong kehadiran Ibukota Negara (IKN) di Kec. Sepaku yang semula merupakan wilayah kerja KPKNL Balikpapan apabila nanti ditetapkan sebagai KPKNL yang melayani pengelolaan kekayaan negara dan lelang di wilayah IKN kelak. Dengan moto KPKNL Balikpapan SEJUK (Senyum,Empati,Jujur,Kualitas), KPKNL Balikpapan siap menyongsong tahun 2024.



(Tim HI KPKNL Balikpapan).

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini