Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Ambon > Berita
Kemenkeu Mengajar (KM) : Berikan Pemahaman Kemenkeu dalam Upaya Menjaga Ekonomi Indonesia
Christian Benardo
Senin, 28 November 2022   |   832 kali

Pada hari ini,  Senin (28/11) Kementerian Keuangan Wilayah Maluku kembali mengadakan Kemenkeu Mengajar di SMA Siwalima Ambon yang digelar di Aula dan lapangan SMA Siwalima Ambon. Tidak hanya keseruan antusias yang didapat oleh peserta, Kemenkeu Mengajar juga memberikan banyak pengetahuan terkait peran Kemenkeu dalam upaya menjaga ekonomi Indonesia.

Kemenkeu Mengajar (KM) merupakan inisiatif pegawai Kemenkeu untuk memberikan sumbangsih ke penjuru negeri melalui kegiatan kerelawanan. Pegawai Kemenkeu dari jajaran pejabat hingga pelaksana berpartisipasi sebagai relawan.

Dalam penyelenggaraannya siswa-siswi peserta KM akan diberikan literasi mengenai pengelolaan keuangan pribadi dan keuangan negara, manfaat APBN dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat Indonesia, peran Kemenkeu dalam upaya menjaga ekonomi Indonesia, dan profesi yang ada di Kemenkeu. Selain itu, KM memberikan pembelajaran mengenai aman dan bijak dalam menggunakan media sosial, serta nilai-nilai kebaikan dan semangat yang ada pada Kemenkeu.

Kepala SMA Siwalima Ambon Nasir Tidore menyambut baik KM. Menurutnya, program ini adalah inspirasi class buat siswa untuk penyegaran semangat dan cita-cita siswa-siswi. Ia bersyukur adanya program KM, sebab siswa dapat mengenal tugas Kementerian Keuangan dan literasi Keuangan.

“Diharapkan pertama ya wawasan siswa bertambah yah. Paling tidak mereka tahu dari uang yang digunakan konsumsi itu memiliki nilai yang lain yang lingkupnya ke negara. Mereka jadi tahu sirkulasi keuangan,” ujarnya.

Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Ambon Iwan Victor Leonardo Sitindaon turut serta menjadi pengajar dalam kegiatan tersebut didampingi oleh rekan-rekan dari Kemenkeu Satu lainnya. KM ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan setiap tahun dalam bentuk mengajar kepada siswa/siswi selama satu hari di sekolah. Dalam kegiatan ini mengusung semangat kesukarelaan, panitia yang terbentuk tidak memungut biaya apapun pada sekolah dan pegawai yang mengikuti Kemenkeu Mengajar, juga tidak mendapatkan pembayaran baik honorarium maupun SPD.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Ambon Prioyono Triatmojo mengatakan, Kemenkeu Mengajar diadakan sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hari Oeang Ke-76 Republik Indonesia sekaligus bentuk bakti dan pengabdian kami, insan Kementerian Keuangan kepada masyarakat, khususnya di dunia pendidikan.

“Pada tahun ini, Kemenkeu Mengajar 7 diadakan secara serentak di sekolah-sekolah mulai dari jenjang SD sampai dengan SMA yang tersebar di 37 provinsi di Indonesia. Tak hanya itu, Kemenkeu Mengajar 7 juga diadakan di 8 (delapan) Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN) yang berada di 4 (Empat) negara, serta 9 (Sembilan) Sekolah Luar Biasa” ujarnya.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini